KAPOLRES PADANG PARIAMAN TERUS ASAH KEMAMPUAN MENEMBAK PERSONEL

KAPOLRES PADANG PARIAMAN TERUS ASAH KEMAMPUAN MENEMBAK PERSONEL

PADANG PARIAMAN, Pionir—Menyadari personel Polisi memiliki resiko yang tinggi saat menjalankan tugas, sehingga membutuhkan keterampilan menembak yang baik, maka Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha, HBWPS, SH, SIK memutuskan personelnya  untuk kembali mengasah kemampuan menembak.

Kata AKBP Dian Nugraha pada Pionir, Senin 15 Februari 2021, latihan menembak itu bukan semata untuk ketrampilan saja, tapi juga untuk mengendalikan emosional dan psikologis juga di uji ketika membidik sasaran. “Karena dalam hal  menembak diperlukan keseriusan  dan fokus,” kata Dian Nugraha.

Kata Dian Nugraha, kegitan latihan menembak yang dilakukan secara rutin itu, baru saja dilakukan Sabtu 13 ebruari 2021, di Lapangan Tembak Polres Padang Pariaman.

Pada hari itu Dian Nugraha langsung turun menjelaskan cara menembak yang baik dan benar serta tetap dapat menjaga keamanan dan keselamatan di sekitar lapangan, serta dilanjutkan bagaimana cara memegang, mengisi peluru dalam magasen dan mengamankan senjata usai pelaksanaan menembak.

Dalam latihan kali ini, juga diikuti Wakapolres Kompol Alfias Marzuki, SE, MH, PJU Polres, perwira dan seluruh personel Polres Padang Pariaman.

Saat itu setiap perwira menggunakan senjata jenis pistol dengan tiga peluru pertama sebagai perkenaan dan sepuluh peluru lainnya sebagai penilaian dengan sasaran tembak berjarak 25 meter. 

Sementara untuk anggota menembak dengan mengunakan senjata laras panjang jenis SS1, menembak dengan tiga butir peluru sebagai percobaan dan tigapuluh butir peluru dengan tiga sikap (tiarap, duduk dan berdiri) sebagai perkenaan untuk penilaian. 

“Latihan menembak ini tetap wajib dilaksanakan secara rutin untuk mengasah dan memelihara kemampuan dasar menembak prajurit yang dilaksanakan secara bertahap dan bertingkat. Dengan latihan menembak bertahap dan bertingkat, seluruh personel akan dilatih dan diajarkan tentang teori, sikap dan cara menembak yang baik dan benar, dengan demikian tujuan latihan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan, ketrampilan serta kemahiran dasar personel dalam menembak niscaya akan tercapai,” ujar AKBP Dian Nugraha. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments