KAPOLSEK SUNGAI GERINGGING LAWAN “KESADARAN PALSU” DENGAN GOTONG ROYONG

KAPOLSEK SUNGAI GERINGGING LAWAN “KESADARAN PALSU” DENGAN GOTONG ROYONG

PARIAMAN, Pionir—Kapolsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Anazrul, SH bahwa gotong royong yang muncul dalam kehidupan sehari-hari seiring dengan timbulnya semangat kebersamaan, tidak ada paksaan, atau muncul karena adanya kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi melalui rasa memiliki.

Anazrul juga meyakini dengan gotong royong, berarti mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, gotong royong menjadi sangat dominan dan tidak asing lagi,” kata Anazrul, Kamis sore 25 Februari 2021.

Oleh karena itu lah kata Anazrul, dalam membersihkan lingkungan di tugu Korong Sungai Geringging, Nagari Malai III Koto, Kecamatan Sungai Geringging pada Kamis pagi, personel Polsek Sungai Geringging melakukannya dengan cara bergotong royong dengan bersama camat, anggota Koramil, dan masyarakat Kecamatan Sungai Geringging.

“Menghadapi gelombang perubahan kehidupan akibat gerusan arus pengaruh budaya asing perlu ada kekuatan bersama yang dapat mengarahkan pada terbentuknya komitmen moral dengan memunculkan gerakan sosial gotong royong ini,” kata Iptu Anazrul.

Dikatakan Iptu Anazrul, nilai-nilai yang memunculkan kesadaran palsu akibat globalisasi perlu dilawan dengan jati diri bangsa Indonesia yang mengedepankan gotong royong, seperti yang dilakukan oleh Forkopimca di Sungai Geringging tersebut. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments