KAPOLSEK BUKITTINGGI PERINTAHKAN BHABINKAMTIBMAS GANDENG LPM

KAPOLSEK BUKITTINGGI PERINTAHKAN BHABINKAMTIBMAS GANDENG LPM

BUKITTINGGI, Pionir—Seperti diketahui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah lembaga, organisasi atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan.

Sebelum di LPM, dahulu organisasi masyarakat ini disebut Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD), dimana tujuan utama dibentuknya lembaga ini adalah untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif. 

Dalam hal ini partisipasi masyarakat yang dikembangkan melalui LPM ini mencakup aktivitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan di tingkat kelurahan.

Agar ikut terlibat dalam aktifitas LPM terutama mengawasi pelaksanaan pembangunan di tingkat kelurahan, Kapolsek Kota Bukittinggi, Polres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Dedy Ardiansyah Putra, SH, SIK meinstruksikan semua Bhabinkamtibmas untuk ikut dalam setiap kegiatan LPM.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Kubu Tanjung, Kecamatan Aur Birugo Tigo Boleh Aiptu M.A Lubis SH yang menghadiri kegiatan pemilihan Ketua LPM Kelurahan Kubu Tanjung, di Kantor Lurah  Kelurahan Kubu Tanjuang, Rabu 24 Maret 2021. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Kubu Tanjuang Irwan Febrianto SH, RT/RW dan ketua pemuda. 

“Pada kesempatan tersebut bhabin kembali mengingatkan kepada para peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan kapan pun dan dimanapun berada, karna pendemi belum berakhir, serta mensosialisasikan tentang aplikasi Polisi Jam Gadang yang memudahkan masyarakat untuk memberikan informasi kepada Polri serta membutuhkan informasi dari Polri dan juga mensosialisasikan  tentang telah dibukanya pendaftaran Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri T.A 2021 mulai tanggal 19 Maret hingga 1 April 2021,” kata AKP Dedy Ardiansyah Putra menjelaskan.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Kelurahan Kubu Tanjung Aiptu M.A Lubis SH berharap dengan terpilihnya Ketua LPM yang baru dapat memaksimalkan peran serta masyarakat dalam mendukung program Kampung Tageh Nusantara di kelurahan Kubu Tanjung tersebut. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments