KAPOLSEK PARIAMAN BERHARAP PENYULUH AGAMA MENJADI TELADAN MASYARAKAT

KAPOLSEK PARIAMAN BERHARAP PENYULUH AGAMA MENJADI TELADAN MASYARAKAT

PARIAMAN KOTA, Pionir—Untuk memberikan bimbingan keagamanan dan meningkatkan kerukunan kehidupan umat beragama di wilayahnya, sebenarnya Pemerintah Kota Pariaman sememjak tahun  2019 lalu telah menempatkan penyuluh agama hingga ke desa atau kelurahan yang ada di daerah itu.

Seperti diketahui penyuluh agama desa ini peranannya sangat penting, karena mereka mempunyai tugas untuk memberikan bimbingan keagamaan kepada masyarakat sekaligus menghambat masuknya paham-paham keagamaan yang menyimpang di tengah-tengah masyarakat.

Pada Jum'at pagi 19 Maret 2021 lalu pemerintah kota setempat pun telah pula melakukan kegiatan pembinaan penyuluh agama desa/lurah tentang kerukunan umat beragama se-Kota Pariaman Angkatan II Tahun 202, bertempat di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT)  di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah.

Kegiatan yang dibuka Kepala Kantor Kankemenag Kota Pariaman Drs. H. Miswan itu juga dihadiri Kapolsek Kota Pariaman, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Irwandi, SH diwakili Wakapolsek AKP Halnif, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pariaman Drs. H. Maswar, Sekretaris FKUB Zahardi, S.Ag, Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Pariaman Drs. H. Syaiful Azhar dan lainnya.

Kapolsek Kota Pariaman AKP Irwandi yang dihubungi Pionir, Sabtu 20 Maret 2021 mengatakan, selain bertugas untuk menerapkan program pemerintah tentang magrib mengaji dan subuh mubaroqah yang sepenuhnya sudah dilimpahkan ke desa dan kelurahan masing-masing, penyuluh agama desa ini juga bertugas memberikan bimbingan keagamaan melalui majelis taklim maupun pendidikan keagamaan non formal seperti memberantas buta Al-quran, dan penyalahgunaan narkoba.

Ia pun berharap ke depannya penyuluh agama desa ini bisa amanah menjalankan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. 

"Kita berharap mereka juga harus menerapkan dan mengamalkan pada diri mereka masing-masing tentang apa yang mereka sampaikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dengan penuh kesadaran dan keikhlasan mengikuti petunjuk dan ajakan yang mereka sampaikan sehingga program pemerintah pun bisa terwujud," kata AKP Irwandi. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments