PATROLI GULA PEKAT SUDAH MENJADI RUTINITAS POLRES SIJUNJUNG DAN JAJARAN

PATROLI GULA PEKAT SUDAH MENJADI RUTINITAS POLRES SIJUNJUNG DAN JAJARAN

SIJUNJUNG, Pionir—Istilah Gula Pekat sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Kabupaten Sijunjung. Gula Pekat yang merupakan akronim dari Penanggulangan Penyakit Masyarakat itu dipepulerkan oleh jajaran Polres Pulau Punjung, Polda Sumatera Barat (Sumbar) untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif melaksanakan patroli.

Patroli Gula Pekat itu kata Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK M.Hum melalui Kasubbag Humas AKP Nasrul Nurdin, Jumat 12 Maret 2021, merupakan program rutin yang dilakukan oleh personel Polres dan Polsek sejajaran.

“Sesuai perintah dari bapak Kapolres Sijunjung, Patroli Gula Pekat ini dilaksanakan di tempat-tempat objek vital, serta tempat yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas. Patroli tersebut dilakukan siang maupun malam hari,” ujar Nasrul Nurdin.

Dari pantauan Pionir, Patroli Gula Pekat itu juga dilaksanakan sampai ke tingkat Polsek, seperti yang dilakukan Polsek IV Nagari, Polres Sijunjung pada Kamis 11 Maret 2021, mulai dari jam 20.00 WIB sampai jam 01.00 WIB.

Kata Kapolsek IV Nagari Iptu Dian Jumes yang dihubungi Pionir, Jumat 12 Maret 2021, Patroli Gula Pekat yang dilakukan Kamis mulai dari jam 20.00 WIB sampai jam 01.00 WIB, itu menyasar Jalan Lintas Sumatera, wilayah Nagari Palangki, BRI Muaro Bodi, SPBU Muaro Bodi serta tempat yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Patroli yang dilakukan itu dengan target operasi, premanisme, street crime (kejahatan jalanan), keributan atau tawuran, begal, curanmor, sajam dan lainnya,” ujar Dian Jumes.

Dalam Patroli Gula Pekat itu petugas piket juga memberikan pengertian dan imbauan tentang bahaya Covid-19 kepada warga dan mengingatkan untuk selalu memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan.

“Disamping memberikan imbauan pencegahan penyebaran Covid-19 kegiatan personel Polsek IV Nagari dan jajaran mengingatkan kepada masyarakat agar menempatkan kendaraannya di lokasi parkir yang sudah disediakan dan tidak lupa agar senantiasa mengunci kendaraannya. Tidak lupa pula petugas juga mengingatkan kepada anak anak-anak muda agar selalu taat berlalu lintas, berhati-hati dalam berkendara, supaya melengkapi surat surat, seperti STNK, SIM serta mengganti knalpot sesuai dengan yang standar,” terang Iptu Dian Jumes. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments