POLRES LIMA PULUH KOTA “CURI ILMU” MELALUI STUDI TIRU KE PAYAKUMBAH

POLRES LIMA PULUH KOTA “CURI ILMU” MELALUI STUDI TIRU KE PAYAKUMBAH

PAYAKUMBUH, Pionir—Bermaksud ingin meniru apa yang telah diterapkan Polres Payakumbuh sebagai unit kerja berpredikat WBK oleh Kemenpan RB RI Desember 2020, Polres Lima Puluh Kota datang “bertandang” ke Polres Payakumbuh untuk meniru apa yang telah diterapkan di Polres tersebut.

Kedatangan rombongan Polres Lima Puluh Kota yang dipimpin Kapolres AKBP Trisno Eko Santoso SIK pada Kamis 4 Maret 2021 itu disambut oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira SH, SIK.

Seperti diketahui Polres Lima Puluh Kota merupakan salah satu dari 22 unit kerja di jajaran Polda Sumbar yang sedang dalam proses pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kata Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira yang dihubungi Pionir, Selasa 10 Maret 2021, di Kota Payakumbuh itu Polres Lima Puluh Kota disuguhi dengan pemutaran video pembangunan ZI WBK Polres Payakumbuh Tahun 2020, penyerahan suvenir buku panduan pembangunan ZI WBK Polres Payakumbuh Tahun 2020 dan sharring knowledge serta berbagi pengalaman tentang tahapan pembangunan ZI.

Belum berhenti sampai disitu, acara dilanjutkan dengan pendalaman informasi dimana masing-masing ketua dan operator program pembangunan ZI Polres Lima Puluh Kota bertemu langsung dan berdiskusi dengan ketua dan operator program Polres Payakumbuh.

“Saat pendalaman informasi, ketua dan operator program pembangunan ZI Polres Paytakumbuh juga menunjukkan dan mendiskusikan contoh hard copy lembar kerja evaluasi (LKE) pemenuhan komponen pengungkit pembangunan ZI yang telah dipenuhi saat Polres Payakumbuh menghadapi evaluasi WBK kepada ketua dan operator program pembangunan ZI Polres Lima Puluh Kota,” terang Alex Prawira.

Dikatakannya, acara dilanjutkan dengan peninjauan Ruang Pelayanan Terpadu Satu Atap, Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh, SKCK & Sidik Jari Satu Atap, Pylon Sign, Front Office, Check Bag X-Ray, Ruang Bermain Anak, Ruang Ibu Menyusui, Toilet Berkebutuhan Khusus, Kaum Rentan dan inovasi unggulan berbasis IT aplikasi Android Polisiku Polres Payakumbuh.

Saat itu rombongan dari Polres Lima Puluh Kota juga mendapat penjelasan terkait aplikasi Android Polisiku Polres Payakumbuh yang merupakan layanan kepolisian berbasis Android dengan mengintegrasikan seluruh layanan kepolisian, yang semula bersifat konvensional dialihkan dalam bentuk digital yang dapat diakses dalam satu genggaman tangan. 

Dijelaskan saat itu bahwa aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 ribu orang tersebut berisi semua layanan Polisi Kota Payakumbuh, seperti Fitur Panic Button, Fitur Pengaduan, Fitur Pendaftaran SIM, Fitur Pendaftaran SKCK, Fitur Izin Keramaian, Fitur Laporan Kehilangan, Fitur Pengawalan, Fitur Pengamanan, Fitur Bezuk Tahanan Online, Fitur Hilang Temu Kendaraan Online, Fitur Cek Kendaraan Hilang, Fitur Ambulance, Fitur PLN, Fitur Bencana Alam, Fitur Satpol PP – Damkar, Fitur Saber Pungli, hingga Fitur Pelayanan Covid-19. 

“Ini merupakan wujud Polres Payakumbuh menjadi unit percontohan nasional terkait pelaksanaan reformasi birokrasi Polri di lingkungan jajaran Polda Sumbar,” kata AKBP Alex Prawira bangga.

Ia pun berharap pada di tahun 2021 ini pembangunan ZI menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Polres Payakumbuh diberikan kemudahan dan kelancaran, termasuk pembangunan ZI menuju WBK Polres Lima Puluh Kota,” ujarnya sambil tersenyum. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments