POLSEK KOTA PARIAMAN KEDEPANKAN PERANAN BHABINKAMTIBMAS DALAM RANGKA MEWUJUDKAN HARKAMTIBMAS

POLSEK KOTA PARIAMAN KEDEPANKAN PERANAN BHABINKAMTIBMAS DALAM RANGKA MEWUJUDKAN HARKAMTIBMAS

PARIAMAN KOTA, Pionir---Dalam rangka pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas). Kepala kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) mengintruksikan kepada seluruh jajaranya  untuk mengoptimalkan pencegahanan gangguan kamtibmas sampai kepelosok daerah.
Hal ini terlihat dari isi Surat Telegram bernomor  ST/1336/IV/OPS.2/2020 dimana Kapolri memerintahkan optimalisasi peran Bhabinkamtibmas dan pengaktifan siskamling.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto dalam keterangan resminya mengatakan bahwa peran Bhabinkamtibmas harus dioptimalkan apalagi ditengah upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang saat ini masih mewabah.

Katanya Bhabinkamtibmas itu kan ujung tombak Kepolisian di masyakarat, paling dekat dengan masyarakat, ujar Komjen Agus dalam keterangannya, direalis dari tribun news.com

Dikatakanya bahwa ditengah upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 saat ini, Bhabinkamtibmas harus mampu membangun kesadararan masyarakat akan bahaya Covid-19.

Disamping itu kata Komjen Agus lagi, Bhabinkamtibmas juga harus mampu bersinergi dengan semua stakeholder di daerah, sehingga penyebab timbulnya gangguan kamtibmas dapat diredam sejak dini, katanya.

Menindak lanjuti intruksi Kapolri itu, Kapolres Pariaman Kota AKBP Denny Rendra Laksmana telah pula mengintruksikan pada Polsek jajaranya untuk melakukan pendekatan pada tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, cadiak pandai, Alim Ulama dan pemuda paga nagari untuk bersama-sama dan bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Menyikapi hal itu, Kapolsek Kota Pariaman AKP Irwandi. SH menyambut elok perintah Kapolres tersebut. Pada saat itu juga Irwandi langsung memerintahkan serta mengkondisikan para Bhabinkamtibmas nya untuk melakukan sinergeritas dengan para tokoh dimasing masing wilayah binaanya.

Seperti yang dilakukan Aipda Apriyanto Bhabinkamtibmas Desa Sungai Kasai, Kota Pariaman. Pada hari Sabtu 13 Maret kemaren, melakukan giat DDS/THTS dengan warga binaannya di Desa Sungai Kasai.

Dalam giat DDS/THTS itu selain bersilaturahmi Aipda Apriyanto juga mengajak warga masyarakat agar selalu peka dan peduli terhadap gangguan kriminalitas.  Seperti Curas, Curat dan Curanmor. Disamping itu Aipda Apriyanto juga menghimbau warga masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M dalam kehidupan sehari hari.

Kata Irwandi,  "selain melaksanakan giat 
DDS/THTS personilnya juga melaksanakan sambang dan patroli dialogis pada saat jam-jam rawan kriminalitas, dan laka lantas, sehingga terciptanya situasi dan kondisi yang aman, damai, serta kondusif di wilayah hukumnya seperti saat sekrang ini," ungkap Irwandi

Sementara itu Kapolres Pariaman Kota AKBP Denny Rendra Laksmana mengatakan, memberdayakan peranan Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan sambang  secara intensif terus dilakukan, untuk menyaring aspirasi warga binaannya." kata Denny.

Denny Rendra juga berpesan agar para personil tetap menjaga kesehatan diri, kesehatan keluarga, dan saling mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga selalu siap dalam melaksanakan tugas, katanya (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments