SURVEI MEMBUKTIKAN MASYARAKAT SANGAT PUAS TERHADAP KINERJA POLRES BUKITTINGGI

SURVEI MEMBUKTIKAN MASYARAKAT SANGAT PUAS TERHADAP KINERJA POLRES BUKITTINGGI 

BUKITTINGGI, Pionir—Wajah Kapolres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Dody Prawiranegara, SH.SIK.MH yang biasanya terlihat ceria, namun pada Rabu 3 Maret 2021 itu terlihat lebih ceria dan berbinar pasca menerima laporan hasil survei yang dilakukan lembaga independen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), IAIN Bukittinggi atas kinerja Polres Bukittinggi selama tahun 2020.

Saat itu Ketua Pelaksana Tim Survey Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Bukittinggi Dr. Hesi Eka Puteri SE. M.Si menyampaikan hasil survei kepuasan masyarakat di hadapan Kapolres Bukittinggi serta Pejabat Utama Polres setempat pada Rabu 3 Maret, di Aula Mapolres Bukittinggi.

Sedikitnya kata Dr. Hesi Eka Puteri ada lima bagian unit layanan yang menjadi objek survei FEBI IAIN Bukittinggi, yaitu pelayanan terpadu, pengaduan/laporan Polisi, Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan urat keterangan laporan kehilangan.

Dari hasil survei yang dilakukan pada periode Triwulan IV tahun 2020 dengan rentang dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2020 kata Dr. Hesi Eka Puteri membeberkan hasil survei yang dilakukan pihaknya, Polres Bukittinggi memperoleh nilai Sangat Baik.

"Kami melakukan penilaian dengan apa adanya, melalui metodelogi yang jelas dengan etika kejujuran, berlandaskan Kemenpan Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, dengan mengkaitkan target WBBM yang akan digapai Polres Bukittinggi," ujar Dr. Hesi Eka Puteri menjawab pertanyaan Pionir.

Dikatakan, survei yang dilakukan FEBI IAIN Bukittinggi itu melibatkan 782 orang responden yang terdiri dari 502 pria dan 280 wanita.

"Dari penilaian responden, secara keseluruhan unit layanan pada Polres Bukittinggi memperoleh nilai IKM 96, sedangkan nilai pada masing-masing unit layanan SPKT (Sentra Pelayan Terpadu) dengan nilai IKM 96, SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dengan nilai IKM 94, serta SIM (Surat Izin Mengemudi) dengan nilai 97.

"Dengan hasil tersebut doa kami mudah-mudahan Pokres Bukittinggi tetap amanah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan dapat mempertahankan apa yang telah dilakukan, bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi," harap Dr. Hesi Eka Puteri.

Sementara itu usai menerima laporan capaian kinerja tersebut, Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, SH.SIK.MH Tak lupa mengucapan terima kasih kepada Tim FEBI IAIN yang telah melakukan survey kepuasan masyarakat terhadap unit layanan yang ada di Polres Bukittinggi dengan hasil Sangat Baik.

"Dengan hasil tersebut menjadi motivasi kami dalam meningkatkan kinerja memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta Polres Bukittinggi akan terus berupaya memperbaiki sarana dan prasarana pelayanan publik yang ada demi kenyamanan serta kepuasan masyarakat," kata Dody. 

Dikatakan Dody, penyampaian hasil survey kepuasan masyarakat terhadap unit layanan pada Polres Bukittinggi ini merupakan MoU yang dilaksanakan Polres Bukittinggi dengan FEBI IAIN Bukittinggi pada tahun 2020 lalu. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments