TMMD MASIH BERJALAN, TANGGUNGJAWAB BESAR “DISANDANG” LETKOL BAGUS MARDYANTO

TMMD MASIH BERJALAN, TANGGUNGJAWAB BESAR “DISANDANG” LETKOL BAGUS MARDYANTO

MENTAWAI, Pionir—Semenjak kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Sumatra Barat (Sumbar) tahun 2021 resmi dimulai pada Selasa 2 Maret 2021 yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Padang Pariaman, semenjak itu pula sebuah tanggung jawab besar “disandang” oleh Letkol Czi Bagus Mardyanto S.T,M. Tr sebagai Dandim 0319/Mentawai.

Letkol Czi Bagus Mardyanto yang dihubungi Pionir, Minggu 21 Maret 2021, mengatakan, sebelumnya baik di Kabupaten Kepulauan Mentawai maupun Kabupaten Padang Pariaman sudah dimulai tahapan sosialisasi dan Pra TMMD selama satu bulan. 

“Pada tahapan ini target sasaran diantaranya pembukaan lahan untuk jalan, pembangunan jembatan dan rehab rumah tidak layak huni serta rumah ibadah,” kata Bagus Mardyanto.

Dalam TMMD ke-110 yang mengambil tema, "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" yang dilaksanakan secara serentak di 50 kabupaten dan kota oleh Satgas TMMD bekerja sama dengan Kementerian, Pemda dan masyarakat itu kata Bagus Mardyanto menambahkan, kegiatan yang dilakukan oleh Satgas TMMD tidak hanya dalam bentuk fisik melainkan juga kegiatan non fisik.

“Sehingga kita bisa berbuat lebih banyak lagi untuk kemajuan masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Selain itu, dengan adanya TNI Manunggal Membangun Desa ini dapat membangkitkan semangat gotong royong masyarakat kemudian kesadaran masyarakat bisa berubah,” ujar Bagus Mardyanto.

Oleh karena itu tak mengherankan bila Bagus Mardyanto tidak saja menerima laporan rutin setiap hari tentang kegiatan Satgas TMMD ke-10 di Dusun Mapadegat, Desa Tuapejat tapi justeru turun langsung melihat secara dekat ke kawasan tersebut, untuk memastikan kondisi lapangan.

Hebatnya, saat turun langsung ke lapangan Bagus Mardyanto selalu bersinergi dengan Kapolres Mentawai AKBP  Mu’at, SH, MM. Kekompakan kedua petinggi TNI dan Polri ini dapat disua secara nyata di lapangan dalam melaksanakan berbagai program.

Khusus dalam pelaksanaan TMMD ini, Dandim bersama Kapolres rutin memantau langsung proses pembuatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dibangun Satgas TMMD.

Baik Dandim maupun Kapolres tak lupa mengingatkan agar mengutamakan kualitas dalam bekerja. "Jangan sampai karena mengejar waktu, tapi mengorbankan kualitas, itu salah besar. Saya akan awasi terus setiap jengkal kegiatan TMMD ini," tegas Letkol Bagus Mardyanto. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments