POLSEK KOTA PARIAMAN PANTAU PEMBONGKARAN BANGUNAN UNTUK PELEBARAN JALUR REL KERETA API

POLSEK KOTA PARIAMAN PANTAU PEMBONGKARAN BANGUNAN UNTUK PELEBARAN JALUR REL KERETA API

PARIAMAN KOTA, Pionir—Seperti diketahui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, telah melaksanakan pekerjaan peningkatan jalur kereta api dari Kota Padang menuju Kota Pariaman sepanjang 53 km, menggunakan sistem Padat Karya Tunai (PKT). Program ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, yang bertujuan mengurangi angka pengangguran di tengah ketidakpastian perekonomian pada masa Pandemi Covid-19.

Pekerjaan yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Sumatera Bagian Barat itu diketahui menggunakan Sistem Padat Karya dari tahun 2020 hingga tahun 2022 dengan anggaran Rp 2,2 miliar. 

Seperti diketahui, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menjalankan program PKT yang memakai tenaga manusia pada pekerjaan di jalur kereta api Padang ke Pariaman, untuk memberdayakan ekonomi masyarakat setempat yang terdampak Covid 19, sehingga bisa memiliki penghasilan sampai proyek tersebut selesai terlaksana.

Fakta itu diakui Kapolsek Kota Pariaman, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Edikaran Prianto, SH MH saat bincang-bincang dengan Pionir, Selasa 13 April 2021. “Benar, pada hari Senin 12 April kemarin masyarakat melakukan pembongkaran bangunan dalam rangka pelebaran jalur rel kereta api di Kelurahan Pasir,” kata Edikaran Prianto.

Dikatakannya, kegiatan pembongkaran bangunan dalam rangka pelebaran jalur rel kereta api itu juga dikuti dan dipantau Aipda Novri Andri selaku Bhabinkamtibmas Kecamatan Pariaman Tengah.

AKP Edikaran Prianto mengatakan, masyarakat setempat menerima dengan kesadaran penuh pembongkaran bangunan mereka demi kelancaran dan suksesnya pekerjaan peningkatan jalur kereta api dari Kota Padang menuju Kota Pariaman. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments