SATTAHTI POLRES PARIAMAN KOTA KEMBALI SETERILKAN SEL TAHANAN

SATTAHTI POLRES PARIAMAN KOTA KEMBALI SETERILKAN SEL TAHANAN

PARIAMAN KOTA, Pionir--- Kasat Tahti Polres Pariaman Kota, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Lukman. SH  bersama personilnya melakukan penyemprotan desinfektan ke sel dan ruang tahanan Mapolres Pariaman Kota, Kamis, 22 April 202.

Dengan menggunakan peralatan pelinding diri, seperti masker, sarung tangan dan lainnya, petugas piket jaga tahanan menyemprotkan cairan desinfektan itu ke lantai, dinding, dan jeruji besi di sel tahanan Mako Polres Pariaman itu.

Selain itu pihak SatTahti pun turut menyiapkan thermal gun dan hand sanitizer, tak terkecuali di dalam sel yang menjadi tempat bernaung para warga binaan.

"Di dalam sel itu kita lakukan penyemprotan disinfektan. Kita bersih-bersih semua secara internal," ujar Iptu Lukman pada Pionir

Dikatakan Iptu Lukman, tujuan dilakukan penyemprotan desinfektan tersebut adalah sebagai langkah pencegahan meluasnya virus corona serta usaha meningkatkan kebersihan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) yang ada di lingkungan sel tahanan Mako Polres Pariaman Kota. 

“Penyemprotan cairan desinfektan dinilai cukup efektif untuk mencegah perebakan virus corona atau Covid -19,” katanya

Dikatakan Lukman, penyemprotan cairan desinfektan bisa membersihkan virus pada permukaan benda-benda dan bukan pada tubuh atau baju dan tidak akan melindungi dari virus jika berkontak erat dengan orang sakit.

“Virus berpindah melalui percikan batuk atau bersin orang sakit yang kemudian terhirup orang lain atau menempel di permukaan benda yang kemudian disentuh lalu masuk melalui mata, hidung atau mulut orang lain,” katanya

Oleh karena itu kata Lukman menambahkan, cairan desinfektan dapat membersihkan virus yang menempel di permukaan benda seperti, jeruji besi, meja, gagang pintu atau saklar lampu yang kerap disentuh orang.

Mengenai kebijakan social distancing di ruang tahanan, Iptu Lukman menegaskan hal tersebut merupakan imbauan untuk semua masyarakat. Dan itu tidak diberlakukan di dalam sel tahanan Polres Pariaman Kota, katanya 

Iptu Lukman mengatakan, dalam mencegah penularan virus corona, Sat Tahti Polres Pariaman Kota telah membersihkan ruangan sel para warga binaan, ia pun mengimbau kepada para warga binaan untuk saling menjaga kesehatan dan melindungi diri dari penyebaran virus yang mematikan ini.

“Jika ada warga binaan yang merasa kurang sehat, segera laporkan kepada petugas. Agar segera mendapat pemeriksaan kesehatan,” katanya

"Tidak ada penurunan intensitas berkumpul bagi para warga binaan, semua sama saja seperti biasa. Namanya mereka semua ditahan di dalam sel," kata Iptu Lukman menjelaskan.

Namun demikian, Iptu Lukman memastikan pihaknya terus melakukan kontrol kesehatan untuk para warga binaan. Warga binaan pun sudah menjalani pemeriksaan kesehatan terkait Virus Corona. Bahkan, lanjut Lukman, pemeriksaan tersebut dilakukan secara rutin.

Di tengah mewabahnya Virus Corona, aktivitas para warga binaan Polres Pariaman Kota tidak ada yang berubah. Makanan yang dikonsumsi oleh para warga binaan sama, tidak mengalami perubahan.

Iptu Lukman memastikan para tahanan tetap mendapat gizi yang baik dan cukup karena ini sudah diterapkan bahkan jauh sebelum Virus Corona ada,ungkapnya (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments