KAPOLSEK BUKITTINGGI IKUTI RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI PENANGANAN COVID-19

KAPOLSEK BUKITTINGGI IKUTI RAPAT  KOORDINASI DAN EVALUASI PENANGANAN COVID-19

BUKITTINGGI, Pionir—Di tengah kesibukan Kapolsek Kota Bukittinggi, Polres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Dedy Adriansyah Putra, SH, SIK, ia menyempatkan waktu melakukan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penanganan Covid-19 tingkat Kecamatan Guguk Panjang, di Aula Kecamatan Guguk Panjang, Selasa pagi 25 Mei 2021.

Rapat yang dibuka oleh Camat Guguk Panjang Syanji Faredi Filla ini juga dihadiri Danramil 01 Bukittinggi, Mayor Inf Asrul Sani Rasyid, Kepala Puskesmas Guguk Panjang Rasima Said, Lurah se-Kecamatan Guguk Panjang, Babinkamtibmas wilayah Kecamatan Guguk Panjang dan Babinsa wilayah Kecamatan Guguk Panjang.

Kata AKP Dedy Adriansyah, rapat tersebut dilaksanakan untuk membahas langkah–langkah strategis yang akan diambil oleh tim Covid 19 Kecamatan Guguk Panjang dalam percepatan pemutusan mata rantai penyebaran Covid 19.

Dikatakan Dedy, dalam rapat yang tetap mengedepankan protokol kesehatan tersebut didapat kesimpulan bahwa seluruh lapisan masyarakat mendukung upaya penanganan Covid-19, aparatur pemerintah dan tokoh masyarakat sebagai figur untuk memberi contoh yang baik dalam penerapan protokol kesehatan, bukan malah sebaliknya.

Kesimpulan lainnya kata Dedy, terkait kesulitan babin/babinsa/kelurahan mendapatkan data pasien Covid-19 (saat ini bukan kondisi normal, tetapi kondisi bencana nasional), jadi seharusnya SOP terkait etika kedokteran dalam melindungi data pasien harus dikesampingkan, keselamatan masyarakat adalah yang utama.

Kemudian, berdasarkan Keputusan Menkes tangga 11 Mei 2021, Babinkamtibmas dan Babinsa berperan sebagai tracer non kesehatan, bertugas melakukan pelacakan (tracing) terhadap kontak erat dari kasus konfirmasi positif Covid-19, yang dalam pelaksanaanya berada di bawah koordinasi Puskesmas. 

“Jadi, jangan ragu untuk memberikan data kepada Babinkamtibmas dan Babinsa di lapangan, karena kita perlu data dalam membuat perencanaan dalam bertindak,” kata Dedy Adriansyah.

Dikatakan AKP Dedy Adriansyah, banyak lagi persoalan penting terkait penagan Coid-19 yang dibahas dalam rapat tersebut. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.