TINGKATKAN DISIPLIN MASYARAKAT, POLDA SUMBAR KERAHKAN TIM PATROLI PUTI SINGGALANG

TINGKATKAN DISIPLIN MASYARAKAT, POLDA SUMBAR KERAHKAN TIM PATROLI PUTI SINGGALANG

PADANG, Pionir—Walau kebanyakan di jajaran Kepolisian tim pataroli kebanyakan adalah laki-laki, namun Polda Sumatera Barat (Sumbar) malah punya Tim Patroli yang dikenal dengan nama Puti Singgalang.

Tim Patroli Puti Singgalang bertujuan memberikan arahan kepada warga agar tetap mematuhi prokes selama pandemi Covid-19. Bentuknya adalah mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan atau prokes, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di berbagai lokasi keramaian.

Kata Dirsamapta Polda Sumbar AKBP Achmadi, Tim Patroli Puti Singgalang yang anggotanya berisi belasan personel Polwan dengan tugas bersiaga di kendaraan roda empat atau di atas sadel sepeda motor jenis trail. Tunggangan ini membuat mereka mampu berpatroli secara mobile setiap hari.

"Mereka ini adalah tim patroli baru, Tim Patroli Puti Singgalang ini akan melaksanakan patroli prokes sekaligus membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang tidak mematuhi prokes di tempat keramaian," jelas AKBP Achmadi.

Achmadi berharap kehadiran Tim Patroli Puti Singgalang ini bisa lebih diterima masyarakat.  Setiap hari mereka akan melakukan patroli dua kali serta melaksanakan pembagian masker.

Dikatakan, pada Rabu 23 Juni 2021, Jam 08.00 sampai 10.00 WIB Tim Patroli Puti Singgalang ini baru saja melakukan patroli menggunakan kendaraan roda empat dengan Rute Patroli dimulai dari Mako Polda - Jalan Sudirman - Jalan Pasar Raya - Jalan Permindo - Jalan Belakang Olo - Jalan Pemuda - Jalan Samudra Pantai Padang dan kembali ke Mako.

“Giat hari itu dipimpin Ipda Tiara Nur Raudah S.Trk dengan personel Briptu Cici, Bripda Prima Surhayana dan Bripda Huria Rifdah,” kata Achmadi. 

AKBP Achmadi mengatakan, Tim Patroli Puti Singgalang ini  tidak hanya bertanggung jawab melakukan patroli di jalan, tapi juga memiliki sasaran patroli pasar, pertokoan, rumah makan, cafe dan perkantoran.

Dikatakan, berdasarkan lokasi-lokasi itu, approaching para “Srikandi Polwan” Polda Sumbar diharapkan bakal menambah pemahaman warga tentang protokol kesehatan, utamanya adalah physical distancing atau jaga jarak, serta mengenakan masker setiap kali keluar rumah. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments