SAMBUT HUT POLWAN KE-73 Polwan Disamapta Polda Sumbar Saling Berbagi

SAMBUT HUT POLWAN KE-73

Polwan Disamapta Polda Sumbar Saling Berbagi

PADANG, Pionir—Setiap 1 September, Kepolisian Republik Indonesia memperingati hari ulang tahun Polisi Wanita atau yang umum disebut Polwan. Tahun ini, Polwan sudah menginjak usia 73 tahun. 

Dalam menyambut HUT Polwan ke-73 itu Polwan Direktorat Samapta Polda Sumbar melaksanakan bhakti sosial pembagian sembako kepada masyarakat yang tidak mampu akibat pandemi Covid-19, Kamis (22/7).

Kata Dir Samapta Polda Sumbar Kombes Pol Achmadi SIK, kegiatan bakti sosial itu dilakukan dibeberapa lokasi, seperti di Mako Polda Sumbar, Jalan Mangunsarkoro, Jati, Sawahan, Simpang Haru, Dr. Sutomo, Simpang Lubeg, Bandar Buat dan lainnya.

Sebagai Dir Samapta yang bertugas di Polda Sumbar, Achmadi mengaku bangga dengan perempuan-perempuan Minang. Karena kata dia, karena terbentuknya Polwan dirintis oleh enam gadis remaja asal Minangkaba, Sumatera Barat (Sumbar), pada 1 September 1948. 

“Mereka itu mengikuti Pendidikan Insptektur Polisi di SPN Bukittinggi dan menjadi ABRI perempuan pertama. Para Polwan itu bernama Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina, Dahniar, Djasmainar, dan Rosnalia,” kata Achmadi.

Dengan hadirnya Polisi Wanita di tubuh Polri tersebut kata Achmadi menambahkan, kesulitan yang sebelumnya dihadapi, seperti memeriksa tersangka atau saksi perempuan pada tahap pemeriksaan badan mulai teratasi.

“Sebelum ada Polisi Wanita, sering kali polisi pria meminta bantuan kepada istri mereka untuk melaksanakan tugas tersebut,” ujar Achmadi. 

Achmadi mengakui pada era Orde Baru, kiprah Polwan memang dipandang sebelah mata. Banyak pertanyaan mengenai kemampuan Polwan yang berperan maksimal di kepolisian. Sering kali perempuan diremehkan karena tidak mudah menjalankan tugas yang memiliki tanggung jawab besar. Selain itu, menjadi seorang Polwan juga dekat dengan berbagai risiko. 

“Namun kini Polwan mulai dipandang memiliki peran penting di Polri. Mereka dipasang sebagai garda terdepan bagi pemulihan dan perbaikan citra Polri yang kurang baik pada masa lalu. Memang sulit menempatkan Polwan pada posisi tertentu, dan peran mereka masih minim serta terbatas dalam bidang-bidang tertentu,” ujarnya.

Pada era reformasi, kata Achmadi lagi, banyak petinggi kepolisian dari polisi wanita. Hal ini membuktikan Polwan juga mempunyai potensi besar melakukan hal yang dikerjakan Polri. “Selamat Hari Ulang Tahun Polwan ke-73,” kata Kombes Pol Achmadi mengakhiri. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments