DALAM PENGENDALIAN HARKAMTIBMAS Kapolres Pariaman Terima Penghargaan Satwil Terbaik 1

DALAM PENGENDALIAN HARKAMTIBMAS Kapolres Pariaman Terima Penghargaan Satwil Terbaik 1

PARIAMAN KOTA, Pionir—Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) di bawah kepemimpinan Kapolres AKBP Deny Rendra Laksmana menyadari betul bahwa Polisi sebagai salah satu pelaksana fungsi pemerintahan di bidang pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), perlidungan dan pelayananan kepada masyarakat, serta melakukan penegakan hukum, harus senantiasa berada di tengah-tengah masyarakat, untuk melaksanakan tujuan negara.

Kepada Pionir, Kamis 26 Agustus 2021 mengatakan, kehadiran Polisi di tengah-tengah  masyarakat adalah sebuah keniscayaan yang harus dilakukan, karena Polisi adalah pengemban fungsi kamtibmas, hadir sebagai alat perubahan sosial, mendinamiskan keadaan  sosial, agar masyarakat dapat melaksanakan kegiatan sosial dapat agar berjalan secara aman tanpa ada gangguan.

“Polisi adalah profesi yang sangat mulia, dihadapan Tuhan dan manusia, dimana dengan  jabatan dan kewenangannya bisa merubah, mendinamisir, menstabilkan situasi sosial, juga  dapat menjadi mesin pendingin atau cooling system,” kata Deny Rendra.

Intinya kata dia, Polisi menjadi alat perubahan sosial dan menjadi alat untuk memecahkan persoalan, yang setiap saat memberikan perubahan-perubahan sosial, agar terjadi ketertiban sosial dan harmoni sosial, yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk lancarnya interaksi  sosial antara yang satu dengan lain lainnya.

Dikatakan, bahkan dengan pangkat apapun yang disandang seorang Polsi, dalam keadaan apapun atau dalam keadaan tertentu, kekuasaan dan kewenangan yang ada padanya sesuai UU, bisa menentukan nasib seseorang dalam satatus hukum tertentu, dengan tetap menghormati HAM, harus bisa menjadi cooling system.

Karena itulah kata Deny Rendra, ia nyiyir mengingatkan persenelnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat.

“Cooling system ini sejalan pemolisian  masyarakat  yang  mengedepankan masyarakat sebagai pemilik kamtibmas, dimana kejahatan itu lahir, tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, oleh karenanya masyarakat harus bersama-sama Kepolisian untuk memelihara stabilitas Kamtibmas yang berkarakter sipil, karakter yang diharuskan terjadi di  dalam negara demokratis, dimana supremasi sipil mendapat tempat terhormat sebagai penyangga utama demokrasi,” ujar Deny Rendra.  

Apa yang dikatakan Kapolres Pariaman itu bukan sekedar retorika belaka, namun benar-benar dilaksanakannya di wilayah hukum Polres setempat. Maka tak mengherankan Polres Pariaman mendapat penghargaan sebagai Satwil terbaik 1 dalam upaya pengendalian Harkamtibmas. Reward tersebut diserahkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH saat gelar GO Bulanan di Polres Pesisir Selatan, beberapa hari lalu. 

Seperti diketahui Polda Sumbar baru saja melaksanakan kegiatan Gelar Operasional (GO) dan Pembinaan Bulanan, di Gedung PCC Painan, Pesisir Selatan yang dipimpin Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH, Selasa 24 Agustus 2021.

GO bulanan ini juga dihadiri Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, SIK, M.Si, Irwasda Kombes Pol K. Rahmadi, MH, Pejabat Utama (PJU) Polda Sumbar dan Kapolres sejajaran. 

Kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH melalui Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Rabu, GO ini dilaksanakan dalam rangka analisa dan evaluasi terkait kinerja Polda Sumbar.

“Saat itu dalam arahannya bapak Kapolda menyampaikan terkait penanganan Covid 19 agar dilaksanakan dengan baik,” kata Satake.

Dikatakan Satake, saat itu Kapolda juga memerintahkan agar personel Bhabinkamtibmas menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari agar bisa menekan penambahan jumlah kasus positif Covid-19.

“Bapak Kapolda juga meminta para Kapolres menggelorakan dan mensosialisasikan bahaya Covid-19 dengan cara menyampaikan kepada masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada melalui kegiatan upacara bendera di sekolah-sekolah melalui zoom atau kegiatan kemasyarakan lainnya,” terang Satake.

Sementara untuk para PJU Polda dan Kapolres Irjen Toni Harmanto meminta agar tetap bersinergi untuk membangun kesatuan serta kepentingan Polri seperti pengelolaan aset-aset milik Polri baik yang ada di kewilayahan.

Dikatakan Satake Bayu, saat itu juga ada paparan dari Pejabat Utama serta Kapolres jajaran. Paparan pertama dilakukan Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir, S.IK, mengenai penanganan Covid-19 di Kota Padang yang masih level 4, serta upaya-upaya yang telah dilakukan untuk menurunkan level. Kemudian pelaksanaan teknis pendataan dan pembagian Bansos kepada UMK, PKL dan warung oleh Bhabinkamtibmas,” terang Satake. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments