CANANGKAN ZI MENUJU WBK DAN WBBM Polres Pariaman Siap Melayani Sepenuh Hati

CANANGKAN ZI MENUJU WBK DAN WBBM 

Polres Pariaman Siap Melayani Sepenuh Hati

PADANG, Pionir—Polres Pariaman Kota, Polda Sumatera Barat (Sumbar) terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bahkan baru-baru ini Kapolres Kota Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana melakukan pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK), dan wilayah birokrasi bersih serta melayani (WBBM).

“Ini merupakan wujud bahwa Polres Kota Pariaman siap melayani warga dengan sepenuh hati tanpa korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),” kata Deny Rendra pada Pionir, Selasa 31 Agustus 2021.

Dikatakan Deny, pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih serta melayani itu dilakukan pada Kamis 25 Maret 2021) lalu.

Hadir saat pencanagan itu Walikota Pariaman, Genius Umar, Wakil Bupati Padang Pariaman, Dandim, Kejari, serta Forkopimda, tokoh agama dan adat Pariaman.

Deny Rendra Lesmana mengatakan, Polres Pariaman akan berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menunjukan bahwa mereka bekerja secara profesional sesuai SOP dan tidak ada unsur Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

"Semua disediakan untuk memanjakan masyarakat, apapun keluhan dan urusan masyarakat akan kami layani dengan prima dan semaksimal mungkin,"ujarnya

Deny tak lupa mengimbau masyarakat, jika ada personelnya yang melanggar aturan, maka ia akan berikan sanksi dan pidana. “Dengan adanya pencanangan ini kami berkomitmen untuk tidak ada pungli dan KKN kecuali pungutan dan pembayaran yang di lindungan undang-undang,” ujarnya.

Dikatakan Denny, pencanangan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM oleh Polres Pariaman ini adalah gelombang kedua, sebelumnya juga sudah dicanangkan oleh Satker Polda Sumbar, Polres Payakumbuh, Polres Solok Selatan dan kini oleh Polres Pariaman.

“Meski ada beberapa aspek pelayanan publik yang belum lengkap dan belum memenuhi standar, namun ini tidak menghalangi kami untuk berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” katanya.

Dikatakan Deny, ZI WBK dan WBBM bukanlah hal baru tetapi adalah hal lama yang harus diingatkan kembali, sebagai aparatur negara serta sebagai pelayan masyarakat.

Menurut Kapolres Pariaman dengan mencanangkan Zona Integritas ini sesuai dengan Program Reformasi Birokrasi Polri, sebagai wujud keseriusan dalam mewujudkan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat.

“Apabila ke depan Polres Pariaman setelah mendapatkan status WBK dan WBBM tapi justru menurun pelayanannya, maka akan saya cabut seketika itu juga,” tegas Deny Rendra

Apa yang dikalukan Polres Pariaman itu mendapat apresiasi dari Walikota Pariaman, Genius Umar. “Pemerintah Kota Pariaman sangat menyambut baik pencanangan  yang dilakukan oleh Polres Pariaman ini, karena hal ini memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan kualitas pelayanan yang meningkat kepada masyarakat dan saya pikir ini bagian dari tugas pemerintahan daerah," kata Genius Umar.

Dikatakannya, bentuk dukungan pemerintah terhadap Polres Pariaman ini ialah berbagi sistem, berbagi ide, dan melengkapi beberapa fasilitas yang diperlukan.

Genius Umar menyebutkan, Pemko Pariaman juga memiliki Mol Pelayanan Publik (MPP) yang bisa diintegrasikan sistemnya, sehingga beberapa pelayanan bisa selesai lebih cepat.

Ia pun memuji sistem pelayanan di Polres Pariaman yang sudah bagus, hanya saja perlu dukungan sarana dan prasarananya.

Melakukan Studi Tiru ke Polres Payakumbuh

Sebelum pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) Polres Pariaman melakukan studi tiru ke Polres Payakumbuh Senin (22/03/2021).

Dikatakan Deny Rendra, kunjungan itu dalam rangka mengetahui dan mempelajari upaya Polres Payakumbuh dalam Pembangunan Zona Integritas sehingga bisa meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2020 lalu dari Kemenpan RB RI.

“Di Polres Payakumbuh ini kita melihat sejumlah pelayanan publiknya serta berbagai terobosan inovasi publik yang dilakukan Polres Payakumbuh,”  kata Deny Rendra. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments