Polsek Sikakap Tak Beri Tempat untuk Knalpot Brong

Polsek Sikakap Tak Beri Tempat untuk Knalpot Brong

MENTAWAI, Pionir—Meski berada di wilayah kepulauan, namun Kapolsek Sikakap, Polres Kepulauan Mentawai, AKP Tirto Edhi, SH tak pernah “ciut” nyalinya untuk memberantas habis knalpot brong atau knalpot racing yang memekakkan telinga serta menimbulkan “polusi suara” tersebut.

Ia pun bertekad akan terus melakukan razia penertiban knalpot brong atau knalpot racing di wilayah hukumnya. Bahkan ia pun berobsesi, melalui razia yang rutin dan kontiniu, ia berencana membangun monumen dari knalpot brong hasil sitaan operasi rutin, di Mapolsek Sikakap.

“Berobsesi tentu boleh dong. Bagaimana pun Kepulauan Mentawai umumnya dan masyarakat di wilayah hukum Polsek Sikakap khususnya, tidaklah kampungan banget. Mereka juga terlihat seperti remaja kota kebanyakan, yang senang menggunakan knalpot brong pada motornya. Namun yang pasti kita di Polsek Sikakap tidak akan mentolelirnya,” kata Tirto Edhi sembari bercanda. 

Ia pun berharap kelak monumen knalpot brong itu diharapkan menjadi edukasi agar kemudian hari tidak ada lagi masyarakat yang menggunakan knalpot tak sesuai standar.

"Rencana kami buat monumen knalpot brong sebagai bentuk edukasi masyarakat di wilayah hukum Polsek Sikakap. Rasanya cita-cita ini tak berlebihan,” ujarnya.

Dikatakannya, Polsek Sikakap akan terus melakukan operasi. “Dalam operasi itu polisi tidak hanya melakukan tindakan hukum terhadap para pelanggar aturan lalu lintas, melainkan juga pembinaan dan edukasi perihal knalpot brong tersebit,” jelas Tirto Edhi

Ia mengatakan, pengendara yang menggunakan knalpot brong dan bisa menggantinya menggunakan knalpot standar saat operasi hanya akan mendapatkan surat imbauan. Tapi, knalpot kata Tirto Edhi akan disita. “Yang tidak punya surat-surat dan tidak bisa mengganti knalpot brong itu yang kami tilang," ucapnya. (Fiirman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments