Subdit Dalmas Tingkatkan Kemampuan Beladiri Personel

iklan adsense

Subdit Dalmas Tingkatkan Kemampuan Beladiri Personel

Padang, Pionir--Dalam rangka meningkatkan kemampuan diri personel terutama dalam hal beladiri Polri, Subdit Dalmas Direktorat Samapta Polda sumbar melaksanakan latihan beladiri Polri, kemarin, jam 16.00 - 17.30 WIB.

Kegiatan latihan yang dipusatkan di halaman Barak Dalmas itu dipimpin AKP Edi Yunasri SH.MH dan para Komandan Kompi Dalmas dengan melibatkan sebanyak 115 personel.

AKP Edi Yunasri yang dihubungi Pionir mengatakan, untuk memberikan keterampilan pendukung dalam pelaksanaan tugas kepolisian, institusi Polri telah mengembangkan suatu keterampilan beladiri yang dikenal dengan Beladiri Polri. 

“Dalam latihan ini kita memberikan sikap dasar beladiri Polri, teknik dasar pukulan, teknik dasar tangkisan, teknik dasar tendangan, teknik dasar pegangan, teknik beladiri tanpa alat dalammenghadapi lawan menggunakan alat serta teknik beladiri Polri dengan alat menghadapi lawan menggunakan alat,” ujar Edi Yunasri.

Dikatakan Edi Yunasri, sesuai dengan maknanya, Beladiri Polri adalah kemampuan anggota Polri mempertahankan diri dan atau orang lain, terhadap serangan pihak lain dengan menggunakan tehnik-tehnik menghindar, menangkis dan bila perlu menyerang balik, baik dengan tangan kosong maupun dengan alat untuk melumpuhkan lawan guna melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta menegakkan hukum dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia. 

“Penguasaan Beladiri Polri bertujuan untuk melumpuhkan bukanlah untuk mematikan atau menghancurkan. Selain daripada itu Beladiri Polri digunakan untuk mengamankan tersangka dengan berpedoman pada azas praduga tak bersalah dan hak asasi manusia, sehingga dengan menguasai tehnik-tehnik Beladiri Polri maka setiap anggota Polri mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan masyarakat dapat merasakan perlindungan, pengayoman dan pelayanan serta penegakan hukum dari anggota Polri sehingga terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Edi Yunasri. (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments