Dari Lubuk Alung ke Tarusan, Sukseskan Gerai Vaksin Presisi Ditsamapta Polda Sumbar

Dari Lubuk Alung ke Tarusan, Sukseskan Gerai Vaksin Presisi Ditsamapta Polda Sumbar

Polwan Puti Singgalang Mengugah kesadaran Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Tarusan, Pionir - Dari  Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Polwan Puti Singgalang melanjutkan pengawalan Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri di Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. 

Pagi itu, perlahan dan pasti satu unit Bus Samapta Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) mulai memasuki kawasan sekolah nan asri. Setelah melewati lapangan, Bus Samapta berhenti. Jaraknya tak begitu jauh dari halaman SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan Kecamatan Tarusan Kecamatan Pesisir Selatan, Rabu (13/10/2021). 

Satu per satu bus yang berisikan 10 personel Polwan Ditsamapta Polda Sumbar itu turun dan menjejakkan kakinya di lingkungan sekolah tersebut. 

Banyak pasang mata yang  menyaksikan kedatangan Polwan Ditsamapta Polda Sumbar yang dikenal dengan Polwan Puti Singgalang ini. Meski masih pagi, namun suasana lingkungan sekolah sudah mulai ramai. Kehadiran Polwan Puti Singgalang itu kali ini dipimpin oleh Ipda Deli Sukmayanti. 

Kehadiran Polwan Puti Singgalang ini di lokasi juga merujuk kepada Surat Perintah Direktorat Samapta Nomor Sprint : 285/X/OPS.5.1.1/ 2021 tanggal 13 Oktober 2021 tentang pelaksanaan pengamanan dan monitoring Gerai Vaksin Presisi Direktorat Samapta Polda Sumbar.

Kegiatan pengamanan sekaligus monitoring yang dilakukan Polwan Puti Singgalang itu dijadualkan berlangsung mulai pukul 07.00 hingga selesai nantinya sekitar pukul 14.00 WIB. 

Kegiatan vaksinasi ini selain menyasar siswa-siswi SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan Kecamatan Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, juga akan diikuti pula oleh masyarakat seputaran Kecamatan Tarusan. Karenanya Gerai Vaksin Presisi kali ini juga akan berlangsung ramai. 

Terlihat beberapa orangtua/wali murid telah berada di lokasi. Mereka menemani anak-anaknya  yang akan mengikuti Gerai Vaksin Presisi Direktorat Samapta Polda Sumbar di sekolah tersebut. 

Begitu juga siswa-siswinya telah banyak pula yang hadir. Sepertinya mereka bersiap-siap untuk melakukan pendaftaran sebagai calon peserta vaksin. Karena memang sebelum mengikuti penyuntikan vaksin, mereka terlebih dahulu mendaftar, dan melalui pemeriksaan kesehatan hingga akhirnya disuntik vaksin. 

Kegiatan pengamanan dan monitoring Gerai Vaksin Presisi Ditsamapta Polda Sumbar oleh Polwan Puti Singgalang kali ini, juga sama seperti sebelumnya saat pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi Direktorat Samapta Polda Sumbar dilangsungkan di lingkungan SMA 1 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. 

Di lingkungan sekolah nan asri ini, Polwan Puti Singgalang juga akan membantu kegiatan vaksinasi kepada siswa-siswi dan masyarakat yang merupakan hasil kerjasama Ditsamapta Polda Sumbar dengan Biddokes Polda Sumbar, Puskesmas Barung Barung Balantai Kecamatan Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. 

Mereka juga akan melakukan pengamanan terhadap peserta vaksin terutama para siswi dan ibu-ibu agar tertib dan teratur pada saat antri untuk divaksin. 

Terpenting lagi, Polwan Puti Singgalang ikut serta menghimbau kepada masyarakat dan siswa-siswi agar mau untuk divaksin COVID-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) terutama wajib menggunakan masker dan menjaga jarak serta tidak berkerumun. 

Sementra itu  Kabagbinopsnal Ditsamapta Polda Sumbar Kompol I. Komang Sarjana, S.IK menyebutkan, pelaksanaan kegiatan Polwan Puti Singgalang ini adakah dalam rangka mendukung pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi Direktorat Samapta Polda Sumbar sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam percepatan vaksinasi secara nasional guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polda Sumbar.

Kompol I Komang menyebutkan, kegiatan pengamanan dan monitoring dilakukan agar masyarakat maupun siswa-siswi yang belum divaksin mau datang ke SMP Negeri 2 Koto XI untuk melakukan vaksin.

Selain itu, agar masyarakat yang sedang melaksanakan vaksin merasa aman dan nyaman, serta kegiatan vaksin berjalan tertib  dengan hadirnya anggota Polri yang berseragam di tengah- tengah masyarakat. 

Terakhir dan juga penting bagaimana kegiatan Gerai Vaksin Presisi Ditsamapta Polda Sumbar ini berjalan sukses. 

"Bagaimana pun kegiatan ini adalah upaya Polda Sumbar dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi secara nasional, maupun provinsi Sumbar, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polda Sumbar," terangnya. 

Hingga berakhirnya pelaksanaan vaksinasi, kegiatan berjalan dengan sukses. Jumlah calon peserta vaksin yang hadir mendaftar sebanyak 408 orang, namun berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan maka jumlah yang memenuhi kriteria untuk divaksin sebanyak 399 orang. Calon peserta yang belum memenuhi kriteria untuk divaksin itu terdiri 9 orang (5 orang demam, dan 4 orang hipertensi), Sedangkan jenis vaksin yang digunakan Moderna Sinovac. (Uk1)

Post a Comment

0 Comments