DIRPOLAIRUD POLDA SUMBAR BANGGA Capaian Vaksinasi di Kelurahan Berok Tembus 75 Persen.

 DIRPOLAIRUD POLDA SUMBAR BANGGA 

Capaian Vaksinasi di Kelurahan Berok Tembus 75 Persen. 


Tak banyak masyarakat Kota Padang yang tau bahwa animo masyarakat di Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat begitu tinggi untuk mengikuti vaksinasi. Sebegitu tingginya animo masyarakat tersebut, di bulan Oktober 2021 saja capaian vaksinasi di kelurahan ini sudah menembus angka 75 persen.

Padang, Pionir—Ada rasa bangga terlihat dari raut wajah Direktur Kepolisian Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Sumbar Kombes Pol Sahat M. Hasibuan, S.Ik saat menurunkan personelnya melaksanakan giat koordinasi dengan pihak kelurahan terkait pendataan vaksinasi warga. 

Dari data yang dilaporkan personel Binmas Ditpolairud Polda Sumbar di Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Selasa 26 Oktober 2021, terungkap bahwa capaian vaksinasi di kelurahan itu telah menembus angka 75 persen.

Dari temuan Pionir, apa yang dicapai itu tak terlepas dari kegiatan koordinasi personil Binmas Ditpolairud Polda Sumbar untuk mengajak pihak kelurahan untuk ikut berpartisipasi mensosialisasikan kepada masyarakat tentang manfaat dan kegunaan vaksinasi Covid-19.

"Kita selalu lakukan edukasi dan mesosialisasikan manfaat dan kegunaan vaksinasi Covid-19 pada masyarakat, sekaligus melakukan pendataan kepada warga yang belum divaksinasi," ujar Aiptu Awerdi.H personil Binmas Ditpolairud Polda Sumbar, pada Pionir.

Ia menyebutkan sampai saat ini sekitar 75 persen warga di Kelurahan Berok Nipah telah menjalani vaksinasi Covid-19. Hal ini tidak terlepas dari upaya pihak kelurahan dan personil Binmas Ditpolairud Polda Sumbar melakukan sosialisasi dan mengedukasi warga setempat, ujarnya.

"Antusias warga untuk mengikuti vaksinasi cukup tinggi. Wajar, di setiap ada kegiatan vaksinasi di wilayah ini selalu dikerumuni warga,” tuturnya. 

Awerdi.H mengatakan, capaian 75 persen tersebut merupakan kondisi ideal untuk terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di daerah ini, jika kekebalan kelompok telah terbentuk, kita semua dapat beraktifitas kembali seperti biasa, ujarnya

Awerdi mengimbau bagi warga yang belum divaksinasi agar segera mendatangi tempat-tempat yang memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi Covid 19 atau datang langsung ke Mako Ditpolairud Polda Sumbar.

"Tanpa vaksinasi massal yang merata, akan sangat sulit mewujudkan kekebalan kelompok terhadap penularan Covid 19, katanya.

Sudah lebih 75 persen

Lurah Berok Nipah Al Banna melalui Sekretaris Lurah Berok Nipah Frinda Lusia mengatakan, saat ini sebanyak 75 persen lebih warga di Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat  telah menjalani vaksinasi Covid-19.

"Dalam catatan kami, dari total 5.311 warga, sekitar 75 persen telah divaksinasi Covid-19,” ujar Frinda Lusia di sela-sela kegiatan vaksinasi. 

Dikatakannya, tingginya angka pencapaian vaksinasi di kelurahan tersebut tidak terlepas antusiasnya warga mengikuti vaksinasi untuk melindungi diri dari Covid-19.

Memang awalnya kata Frinda Lusia menambahkan, warga masih banyak yang enggan dan tidak mau divaksin karena banyak terpengaruh kabar hoax tentang vaksin. 

"Namun, setelah diberikan sosialisasi dan edukasi, Alhamdilillah akhirnya  warga mulai sadar akan pentingnya vaksin ini,” ujarnya.

Ia pun dengan bangga mengatakan setiap ada kegiatan vaksinasi yang digelar oleh instansi atau lembaga terkait, kongsi-kongsi di Kelurahan Berok Nipah selalu disambut antusias oleh warga.

Terkait pelaksanaan vaksinasi di Kelurahan Berok Nipah, lurah mengatakan pada vaksinasi pertama diikuti sebanyak 120 orang lebih. Sementara vaksinasi dosis kedua ini diikuti sekitar 80 orang.

“Alhamdulillah, pelaksanaan vaksinasi baik tahap pertama maupun tahap kedua berjalan aman dan lancar. Kami tidak menerima laporan serius pascavaksinasi ini,” katanya.

Lurah Berok Nipah Al Banna melalui Sekretaris Lurah Berok Nipah Frinda Lusia pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan vaksinasi ini. 

"Semoga dengan adanya vaksinasi massal ini bisa segera mengakhiri pandemi Covid-19 di Kota Padang,” harap Frinda Lusia. (Fiirman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments