Kapolsek Kota Solok Komitmen Mengingatkan Pentingnya Masker

Kapolsek Kota Solok  Komitmen Mengingatkan Pentingnya Masker

Solok Kota, Pionir--Kapolsek Solok Kota, Polres Solok, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Sugianto. SH. MH sepertinya memahami betul bahwa pada awal pandemi virus corona tahun 2020 yang lalu penggunaan masker hanya direkomendasikan pemerintah untuk orang sakit, bukan orang sehat. Namun, seiring berkembangnya virus tersebut membuat pemerintah akhirnya mengeluarkan imbauan agar semua orang (baik yang sehat atau sakit) agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Penggunaan masker itu tidak hanya diwajibkan oleh pemerintah pada tenaga kesehatan (nakes) saja, tapi seluruh warga masyarakat diwajibkan untuk mengenakanya. 

“Menindak lanjuti hal itu kepolisian yang diberi wewenang oleh pemerintah sebagai intitusi penangkal dan pemberantas penyebaran Covid-19 secara terus menerus melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat agar patuh terhadap protokoler kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah itu,” kata AKP Sugianto saat dihubungi, Senin 11 Oktober 2021.

Ia pun mencontohkan kegiatan yang dilakukan para Bhabinkantibmas Polsek Kota Solok pada Jumat 8 Oktober 2021 kemaren.

Kata Sugianto pada Jumat itu ia mengintruksikan pada personilnya melakukan sosialisasi protokol kesehatan di kawasan Pasar Solok. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 dan mengawal kebijakan Pemerintah mengenai Tatanan Kehidupan Baru atau New Normal

Dalam giat tersebut kata Sugianto menjelaskan, personilnya menyampaikan imbauan kamtibmas terkait tentang penerapan kehidupan baru atau new normal kepada pedagang dan pengunjung pasar sekaligus melakukan pemantauan harga Pasar.  

Lanjut Sugianto mengatakan, selain melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok dipasar Solok  itu, pihaknya juga memberikan teguran lisan kepada pengunjung dan pedagang yang tidak menggunakan masker saat beraktifitas dipasar tersebut.  

Bahkan kata Sugianto  bagi pengunjung maupun pedagang yang tidak memakai masker, pihaknya tidak memperbolehkan mereka untuk beraktifitas di area Pasar itu, ungkapnya 

Disamping itu para Bhabin juga mengajak agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pemerintah yaitu,memakai masker, menjaga jarak, dan mecuci tangan dengan sabun setelah pulang dari pasar, ajaknya  

Lanjut Sugianto mengatakan,  dipilihnya fasilitas umum seperti kawasan Pasar  sebagai tempat sosialisasi prokes, karena kawasan pasar merupakan tempat bertemu orang banyak, tempat berinteraksi antar pedagang dan pembeli yang datang dari berbagai daerah, Katanya.

"Mengurangi penyebaran merupakan strategi paling realistis untuk menekan tingkat kematian yang diakibatkan infeksi Covid-19, oleh karena itu, strategi mengurangi penyebaran virus perlu terus diterapkan agar bisa memutus rantai penularan Covid-19 secara konkret, salah satunya adalah meningkatkan disiplin kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pemerintah", katanya (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments