Cegah Penularan, Masyarakat Harus Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

Cegah Penularan, Masyarakat Harus Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

Pariaman Kota, Pionir---Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM bukanlah kunci untuk menangani laju penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Sekalipun penutupan wilayah/penyekatan dilakukan ,jika masyarakat tidak bisa mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes),  Virus Covid-19 akan tetap menyebar dilingkungan masyarakat.

Demikian ditegaskan Leonardy Harmainy, S.I.P., M.H Datuak Bandaro Basa, politisi dan senator Indonesia asal Sumatera Barat yang  juga merupakan anggota DPD RI saat melakukan kegiatan sosialisasi Protokol Kesehatan bersama Kapolsek  IV Koto Amal Iptu Alfian Marunduri di Kantor Wali Nagari Balai Baiak, Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman Senen 27 Desember 2021.

Dikatakan Leonardy, dengan Disiplin menerapkan Protokol Kesehatan menjadi syarat utama memutus rantai penyebaran penyakit menular yang mematikan itu/Virus Covid-19.

Apapun konsep yang dilakukan, entah itu lockdown, social distancing, Vaksin Covid-19 atau apa pun lainnya, jika masyarakat tidak bisa disiplin dan tidak didasari dengan kesadaran tinggi, maka tujuan Protokol Kesehatan itu tidak akan pernah berhasil, katanya

Ia juga berharap, dalam upaya memutus rantai penyebaran Virus Covid-19 ini pemerintah daerah harus memiliki strategi yang tegas agar imbauan-imbauan yang dikeluarkan dapat ditaati oleh masyarakat. Seluruh komponen masyarakat harus dilibatkan dan harus bersama-sama turun langsung di masyarakat  untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kaedah Protokol Kesehatan, ujarnya.

Sementara itu Kapolsek  IV Koto Aur Malintang Iptu Alfian Marunduri mengatakan,  selama ini dia telah mendorong personilnya untuk selalu mensosialisasikan Protokol Kesehatan di masyarakat di wilayah hukumnya. Namun, upaya tersebut akan sia sia tanpa ada dukungan dan partisipasi dari masyarakat itu sendiri, ujarnya. 

Lanjut Alfian mengatakan, kepatuhan terhadap protokol kesehatan lebih efektif apabila dilakukan secara kolektif dan tidak dilakukan sendiri. Karena itu, masyarakat harus yakin bahwa setiap usaha yang dilakukan saat ini akan membuahkan hasil. "Asalkan konsisten dan kolektif menjalankan protokol kesehatan," ucapnya.

"Kita minta masyarakat konsisten menaati protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak aman. Upaya tersebut harus dijalankan sebagai budaya baru dalam kehidupan di masyarakat,Ini menjadi tantangan buat kita semua, harus konsisten untuk tidak berkumpul atau berkerumun," ujarnya. (Firman Sikumbang)




Post a Comment

0 Comments