Polwan Puti Singgalang Ditsamapta Polda Sumbar Dukung Percepatan Vaksinasi di Kabupaten Agam

Polwan Puti Singgalang Ditsamapta Polda Sumbar Dukung Percepatan Vaksinasi di Kabupaten Agam

Agam, Pionir--Masih dalam rangkaian Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri, Polwan Puti Singgalang kembali diturunkan dalam mendukung pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi Direktorat Samapta Polda Sumbar. 

Untuk pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi Ditsamapta Polda Sumbar kali ini dilangsungkan di Pasar Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, Jumat (17/12/2021). Sedangkan di lokasi kedua digelar di Lapangan Hijau Batu Taba Kecamatan IV Angkek Kabupaten Agam, Jum'at (17/12).

Dalam gebyar vaksinasi itu ratusan masyarakat dan pelajar di kedua wilayah itu mengikuti program vaksinasi dengan penuh antusias. 

Direktur Samapta Polda Sumbar Kombes Pol Akmadi, S.I.K mengatakan, dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi secara nasional, maka guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) dilakukan pengamanan dan monitoring. 

Untuk pengamanan dan monitoring percepatan vaksinasi itu, Polwan Puti Singgalang selalu dilibatkan dalam mendukung pelaksanaan Gerai Vaksinasi vaksinasi di sejumlah kawasan yang ada di wilayah hukum Polda Sumbar. 

Seperti kali ini Polwan Puti Singgalang yang dipimpin oleh personel Polwan Ditsamapta Polda Sumbar, yakni Bripda Vani DwiPutri Marcania, Bripda Nur Wahyu Saputri, Bripda Revigadef Aurellia mengikuti pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi Ditsamapta Polda Sumbar dalam rangka "Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri" digelar di Kabupaten Agam. 

Dasar pelaksanaannya merujuk kepada Surat perintah Direktorat Samapta Nomor Sprint : 292/X/OPS.5.1.1/ 2021 tanggal 21 Oktober 2021 tentang pelaksanaan pengamanan dan monitoring  Gerai Vaksin presisi Direktorat Samapta Polda Sumbar.

Sedangkan pelaksanaannya digelar di dua lokasi, yakni di Pasar Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuh, dan Lapangan Hijau Batu Taba Kecamatan IV Angkek Kabupaten Agam, dan dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Akmadi menyebut, selama kegiatan berlangsung Polwan Puti Singgalang melakukan pengamanan terhadap peserta vaksin, agar tertib dan teratur pada saat antri untuk divaksin. 

"Ini agar masyarakat yang sedang melaksanakan vaksin merasa aman dan nyaman, serta vaksinasi berjalan tertib dengan hadirnya anggota Polri yang berseragam di tengah-tengah masyarakat," ujarnya. 

Selain pengamanan, Polwan Puti Singgalang juga menghimbau kepada masyarakat dan siswa-siswi di wilayah itu agar mau untuk divaksin COVID-19. 

"Tujuannya agar masyarakat maupun siswa-siswi yang belum divaksin mau datang baik ke lokasi di Pasar Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuh maupun di Lapangan Hijau Kenagarian Batu Taba untuk melakukan Vaksin," terangnya. 

Tak lupa, Polwan Puti Singgalang Ditsamapta kesempatan itu juga mengingatkan warga dan siswa-siswi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), terutama wajib menggunakan masker dan menjaga jarak tidak berkerumun. 

"Hal itu bertujuan agar prokes menjadi kebiasaan masyarakat sehari-hari, karena lebih baik mencegah terhindar dari penularan COVID-19 daripada mengobati. Sekaligus hal itu guna mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Provinsi Sumbar, sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polda Sumbar," tuturnya. 

Sementara untuk vaksinasi yang digelar di Lapangan Hijau Kenagarian Batu Taba, Polwan Puti Singgalang mendampingi vaksinator melakukan vaksinasi kepada siswa-siswi dan masyarakat Kenagarian Batu Taba. 

"Untuk menyukseskan kegiatan itu Polda Sumbar bekerja sama dengan Puskesmas Ampek Angkek Kabupaten Agam," tukasnya. 

Selanjutnya, untuk sasaran Gerai Vaksin Presisi Ditsamapta Polda Sumbar di Kenagarian Pasia Laweh, selain menyasar masyarakat seputaran  Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam juga para siswa-siswi SMP Negeri 1 Palupuh. 

"Alhamdulillah, dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi itu diikuti penuh antusias oleh ratusan masyarakat dan pelajar di seputaran Kecamatan Palupuh," ujar Ahmadi kepada Pionir, Jum'at (17/12).

Dijelaskan, total jumlah peserta vaksin sesuai jumlah peserta yang hadir sebanyak 756 orang. 

Dari jumlah itu semuanya memenuhi syarat untuk vaksin. Sedangkan jenis vaksin yang digunakan, diantaranya Sinovac        610 dosis, dan Pfizer 146 dosis. 

"Peserta yang mendaftar semuanya memenuhi syarat pemeriksaan kesehatan, sehingga tidak ada ditunda," tukasnya. (Uk1)

Post a Comment

0 Comments