Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau Ajak Perangkat Nagari Jaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau Ajak Perangkat Nagari Jaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan

Pariaman Kota, Pionir--Bhabinkamtibmas Nagari Malai V Suku Timur, Bripka Indel Supriadi  bersama Kanit Binmas Polsek Sungai Limau menyambangi Wali Nagari Malai V Suku dan Wali Korong Ujung Labung membahas  situasi Kamtibmas selama bulan Ramadhan mendatang, Selasa 22 Maret 2022

 Pada kesempatan itu Indel Supriadi mengajak wali nagari berserta perangkatnya untuk selalu menjaga kondusifitas kamibmas selama bulan ramadhan, serta selalu waspada terhadap  tindak kejahatan, seperti pencurian ternak, curanmor, dan pencurian dalam rumah.

Kata Bripka Indel Supriadi menjelang datangnya bulan Ramadhan ini, aksi kriminalitas meningkat, hal itu disebabkan karna tinggi nya aktifitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan di bulan penuh berkah tersebut. Sementara aktifitas mereka dibatasi untuk mendapatkan penghasilan, karna pandemi. Hal ini disinyalir penyebab utama terjadinya peningkatan kriminalitas.

 Untuk mengantisipasi tingginya angka kriminalitas itu ia  menghimbau warga binaanya agar kembali mengaktifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Siskamling ini bisa menjadi sarana antisipasi kejahatan, deteksi dini serta identifikasi dini terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat sesuai pasal 4 Peraturan Kapolri nomor 2 tahun 2002, jelasnya.

"Kemitraan dengan masyarakat sudah ada payung hukumnya, kami tidak bisa sendirian menjaga keamanan mengingat jumlah polisi tidak sebanding dengan jumlah penduduk. Makanya perlu kemitraan dengan masyarakat untuk mengaktifkan siskamling," ujarnya

Selain  menyampaikan pesan Kamtibmas, Bripka Indel Supriadi juga mengimbau warga binaanya agar mentaati Protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah dalam pencegahan penyebaran covid-19.

Sementara itu Kapolsek Sungai Limau Iptu Umar Yani mengatakan hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya pencurian dimalam hari. Sebab, kata Umar Yani dibulan Ramadhan warga masyarakat lebih banyak beraktivitas dimesjid. Mulai dari pelaksanaan shalat Isya sampai tadarusan setelah melaksanakan shalat tarwih. 

Biasa nya disaat saat seperti ini para pelaku pencurian melakukan aksinya. Untuk mengantisipasi agar hal itu tidak terjadi, kita intensifkan kembali peranan sisitem keamanan keliling (Siskamling), ujarnya.

Disamping itu Kita juga mengajak dan mengimbau warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah hukum Polsek Sungai Limau selama bulan Ramadhan." Pungkasnya (awik)

Post a Comment

0 Comments