Siaga Bencana, Bhabinkamtibmas Nagari Sungai Sirah Berkoordinasi dengan Walinagari

Siaga Bencana, Bhabinkamtibmas Nagari Sungai Sirah Berkoordinasi dengan Walinagari 

Pariaman Kota,  Pionir--Bhabinkamtibmas Nagari Sungai Sirah, Aipda Novri Andri mengajak untuk menghidupkan kembali kearifan lokal seperti ronda dan kentongan dalam menghadapi bencana alam. Mungkin dengan cara tersebut, diharapkan akan dapat meminimalisir risiko jatuhnya korban akibat bencana. 

Hal tersebut disampaikannya saat mengadakan koordinasi dengan Walinagari Sungai Sirah Kuranji Hulu Maryuni Datuak Kamulie, Selasa (15/3/22) siang, di Korong  Sungai Rantai Geringging, Nagari Sungai Sirah, Kecamatan Sungai Geringging, Padang Pariaman

Ditambahkannya, apalagi saat ini musim hujan telah tiba. Kondisi ini mengakibatkan potensi bencana alam lebih tinggi baik banjir bandang, bencana longsor, hingga potensi gempa yang selalu mengancam.

Selain menghidupkan kearifan lokal itu, Novri Andri juga mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi informasi-informasi dari BMKG. Setiap saat, BMKG merilis data terkait dengan peringatan dini, seperti rilis data titik daerah yang turun hujan.

Selanjutnya, informasi BMKG biasanya disampaikan kepada BPBD kabupaten/kota dengan jejaringnya, yang selanjutnya menjelaskan ke kecamatan hingga nagari. Termasuk kepada Babinsa dan Babinkamtibmas.

Dia menambahkan, bencana seperti banjir dan tanah longsor memang terjadi setiap tahun ketika musim hujan tiba.  Untuk itu Aipda Novri Andri meiminta Walinagari melalui Wali Korong dapat menyebarkan informasi ini kepada masyarakat agar selalu siaga akan bencana alam.(ha)

Post a Comment

0 Comments