Batang Pangian Meluap Empat Jorong di Kanagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung di Rendam Banjir

Batang Pangian Meluap Empat Jorong di Kanagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung di Rendam Banjir

Pulau Punjung, Pionir—Senin  18 April 2022 itu warga Kanagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya dikejutkan dengan meluapnya air Sungai Batang Pangian yang mengakibatkan rumah warga di empat kejorongan direndam banjir.

Kata Kapolsek Pulau Punjung AKP Zamrinaldi. SH pada Pionir, penyebab meluapnya air Batang Pangian di Nagari Gunung Selasih itu dikarenakan curah hujang yang sangat tinggi, sehingga mengakibatkan air menggenangi akses Jalan setinggi 1.5 meter dan tidak bisa dilalui oleh  Kendaraan,  juga beberapa rumah warga  terendam banjir.

Melihat kondisi tersebut personil  Polsek Pulau Punjung yang dipimpin langsung oleh Kapolsek bersama BPBD pada siang itu langsung melakukan evakuasi terhadap warga dengan mengunakan perahu karet

Banjir itu kata Zamrinaldi menambahkan, terjadi sekitar jam 12.00 WIB, yang  mengakibatkan arus lalu lintas di Kanagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung itu lumpuh total.

Selain itu beberapa Jorong yang dilintasi aliran Sungai Batang Pangian itu juga terendam banjir, selain merendam rumah warga, air juga merendam sawah ladang milik warga. Seperti di Jorong Sungai Belit, enam unit rumah warga terendam banjir, Jorong Batu Agung enam unit, di Jorong Kampung Surau delapan unit dan di Jorong Sialang  lima unit, untung saja tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian warga di taksir berkisar Puluhan Juta Rupiah, ujarnya.

Dikatakannya, Kanagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung memang termasuk daerah rawan bencana termasuk daerah yang berpotensi pergerakan tanah dan longsor.  Selain itu ada beberapa Jorong yang dilintasi aliran Sungai Batang Pangian ini juga termasuk rawan banjir. 

"Kami sudah sering mensosialisasikan bila terjadi bencana, diharapkan kepada warga, agar selalu waspada terhadap bencana banjir  karna intensitas curah hujan cukup tinggi, katanya. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments