Kapolres Pariaman Giatkan Warga Produksi Minyak Goreng dari Buah Kelapa

Kapolres Pariaman Giatkan Warga Produksi Minyak Goreng dari Buah Kelapa

Pariaman Kota, Pionir-- Kapolres Pariaman AKBP Abd Aziz. SiK membuat terobosan baru untuk mengatasi kelangkaan dan melonjaknya harga minyak goreng di pasaran. 

Ide kreatif Kapolres bersama Bhayangkari Polres Pariaman ini disambut antusias oleh masyarakat, dan pemerintah Kota Pariaman.

Buktinya pada Selasa 12 April 2022 bertempat di Kantor Desa Marabau Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Kapolres Pariaman AKBP Abd Aziz. SiK bersama Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar, S.Sos, M, Si, didampingi oleh Waka Polres Pariaman Kompol Jon Hendri, SH, dan di ikuti oleh para PJU Polres Pariaman, Kapolsek Kota Pariaman AKP. Edi Karan Prianto, SH, MH, Plt. Kasi Propam Polres Pariaman Iptu Mamat Mursalim, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Aipda Afdhal Bustami, SH, MH, Camat Pariaman Selatan Muhammad farid Marwan, SSTP, Kepala Desa Marabau Ardison Arbi serta dihadiri oleh Ketua Bhayangkari Cabang Pariaman dan beserta pengurus menyaksikan langsung proses pembuatan minyak goreng dari buah kelapa tersebut yang diproduksi oleh warga masyarakat di Desa Marabau.

Kata Kasubag Humas Polres Pariaman AKP Syafrudin saat di konformasikan Pionir, minyak goreng yang di produksi warga masyarakat di Desa Marabu itu jenis minyak goreng yang bisa lansung digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan. Diharapkan dengan hadirnya minyak goreng tersebut dapat mengganti minyak goreng biasa yang saat ini mengalami kelangakaan dan kenaikan harga.

Dikatakanya, ide kreatif Kapolres ini muncul berawal karna lonjakan harga minyak goreng di pasaran pada awal 2022 yang lalu.  Harga minyak goreng kemasan bisa mencapai Rp 24.000 per liter. Hal ini pun memicu kelangkaan minyak goreng di masyarakat.

Mengatasi hal itu, dengan memanfaatkan potensi daerah yang ada, Kapolres bersama pengurus Bhayangkari cabang Polres Pariaman menggagas ide kreatif tersebut, dengan menganti minyak goreng kelapa sawit dengan minyak goreng dari buah kelapa.

"Selama ini minyak goreng yang umum dipakai masyarakat untuk proses memasak adalah minyak kelapa sawit. Namun ada minyak nabati lain yang bisa dipakai, seperti minyak kelapa. Kelapa yang merupakan buah tropis, banyak tumbuh di daerah ini," ujarnya.

Dikatakan Syafrudin, minyak dari buah kelapa juga mengandung  protein yang sama dengan minyak buah sawit, sama sama memiliki  rantai protein. Namun hanya beda rantai pendek dan sedang, sedangkan minyak dari kelapa sawit mengandung protein rantai panjang, katanya

“Minyak kelapa sejak zaman dahulu digunakan sebagai sumber utama minyak goreng. Proses pembuatannya juga lebih mudah, ujarnya.

Syafrudin juga menyebutkan, dengan mengkonsumsi minyak kelapa,  dampaknya bagi tubuh kita adalah tidak lebih cepat gemuk, dibandingkan dengan mengkonsumsi minyak sawit.

Ia berharap masyarakat tidak terlalu bergantung dengan minyak sawit, sehingga minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai minyak goreng,” tandasnya.

Lebih lanjut Syafrudin mengatakan, disela-sela peninjauan itu, Kapolres juga memberikan bantuan dana pembinaan terhadap kelompok ibu-ibu PKK di Desa Marabau Kecamatan Pariaman Selatan tersebut.

Kapolres pun berharap dengan adanya minyak goreng  kelapa produksi anak nagari bisa menjawab kelangkaan ketersedian minyak goreng  saat ini, tukasnya (Awik/firman sikumbang)

Post a Comment

0 Comments