Melalui Giat Sambang Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Ajak Kepala Desa Aktifkan Kembali Pos Kamling

Melalui Giat Sambang Bhabinkamtibmas Polsek Kota Pariaman Ajak Kepala Desa Aktifkan Kembali Pos Kamling

Pariaman Kota, Pionir---Dalam rangka mengamankan lingkungan masyarakat dari gangguan kamtibmas, seperti pencurian, curanmor dan gangguan kamtibmas lainnya, Polsek Kota Pariaman melalui Bhabinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan kegiatan Siskamling dengan melaksanakan ronda malam.

Seperti yang dilakukan Aipda Apriyanto  saat melaksanakan giat sambang dengan Kepala Desa Palak Aneh membahas tentang mengaktifkan kembali Poskamling dan melaksanakan ronda pada malam hari, Kamis, 14 April 2022, bertempat di Desa Palak Aneh.

Pada kesempatan tersebut Aipda Apriyanto mengajak kepala desa untuk bekerjasama bahu membahu menjaga keamanan dan ketertiban untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat.

“Jangan kita takut untuk menjaga desa kita ini dari mereka yang dengan sengaja ingin mengganggu ketentraman dan kenyamanan kita, Seperti pencurian yang sering terjadi akhir-akhir ini, Inti dari semua itu adalah kebersamaan, “ ujarnya.

Ia juga memaparkan, bahwa ronda adalah berjalan keliling atau patroli untuk menjaga keamanan di desa baik dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor. Dalam ronda biasanya terbagi dalam beberapa kelompok untuk berpatroli menyebar di setiap jalan dan gang perumahan warga yang termasuk dalam satu desa atau dusun yang bersangkutan.

Manfaat dari pelaksanaan ronda itu sendiri sangatlah banyak yang diantara pokok intinya adalah, Menjaga keamanan dari segala macam tindak kriminal, Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat dan musibah atauapun bencana alam, Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat dan Meningkatkan rasa kebersamaan antar penduduk dalam suatu Dusun atau RT, paparnya panjang lebar.

Kapolsek Pariaman Kota, AKP Edikaran Prianto, SH.MH membenarkan giat tersebut. Dikatakan giat Siskamling keliling merupakan program unggulan guna menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Pariaman Kota. Ini sebagai salah satu bentuk kontrol Kepolisian yang bersinergi dengan masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dalam bentuk pegamanan swakarsa.

“Siskamling dengan ronda malam salah satu cara yang efektif untuk meminimalisasi tindak kriminalitas seperti aksi pencurian,” kata Kapolsek.(wik)

Post a Comment

0 Comments