Polwan dan Personel Polres Bukitinggi Kawal Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa Secara Humanis

Polwan dan Personel Polres Bukitinggi Kawal Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa Secara Humanis

Bukittinggi, Pionir-- Polwan dan personel Polres Bukittinggi terjun melakukan pengamanan aksi unjuk rasa  Aliansi Mahasiswa Bukittinggi beserta OKP se Kota Bukittinggi di depan Kantor DPRD Kota Bukittinggi, Senin (11/4/2022) sore.

Kedatangan peserta unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kota Bukittinggi sekitar pukul 15.00 WIB itu, setelah melakukan Long March dari UMSB Bukittinggi.

Para mahasiswa itu datang guna menyikapi adanya wacana penundaan pemilu, masa jabatan presiden 3 periode, penetapan Undang Undang IKN serta kelangkaan sembako dan BBM.

Mereka hadir dengan membawa atribut dari mulai panji-panji hingga poster dan spanduk-spanduk bertuliskan kalimat protes atau aspirasi.

Tak hanya itu, peserta unjuk rasa juga menyampaikan aspirasinya lewat orasi yang mereka sampaikan secara bergantian. Mereka juga mendesak ketua DPRD Bukittinggi untuk hadir di tengah mereka, guna mendengarkan tuntutan atas aspirasi mahasiswa. 

Di tengah situasi itu, Polwan Polres Bukittinggi yang melakukan pengamanan secara humanis itu membagikan masker kepada mahasiswa yang diketahui beberapanya tidak menggunakan masker.

"Protokol kesehatan (prokes) sudah seharusnya menjadi kebiasaan sehari-hari di tengah masyarakat, agar terhindar dari penyebaran dan penularan virus COVID-19. Untuk kita membagikan masker ," kata Senior Polwan Polres Bukittinggi yang juga menjabat Kapolsek Kota Bukittinggi Kompol Hj Rita Suryanti. SH di sela-sela kegiatan pengamanan tersebut.

Menurutnya, di tengah pandemi COVID-19 yang hingga kini belum berakhir, maka mematuhi prokes salah satu dari upaya agar terhindar dari penularan virus COVID-19.

"Untuk itu sebagai bagian dari pengamanan secara humanis, kita membagikan masker kepada peserta aksi unjuk rasa," tuturnya.

Belum didengarkannya apa yang menjadi aspirasi mereka, para mahasiswa itu kembali mendesak ketua DPRD Bukittinggi untuk hadir di tengah peserta unjuk rasa.

Audiensi kemudian terjadi antara perwakilan Mahasiswa Kota Bukittinggi dengan anggota DPRD yang masih berada di dalam gedung DPRD tersebut.

Hasilnya, Ketua DPRD, bersama para wakil ketua dan sejumlah anggota menerima dan menanggapi tuntutan mahasiswa.

Jelang berakhirnya aksi unjuk rasa yang berlangsung damai itu, Polwan Polres Bukittinggi membagikan takjil kepada seluruh peserta unjuk rasa, dan selanjutnya mahasiswa membubarkan diri kembali ke posko di UMSB Bukittinggi.

Post a Comment

0 Comments