Siasati Kelangkaan Minyak Goreng, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Geringging Ajak Warga Buat Minyak Goreng Berbahan Buah Kelapa

Siasati Kelangkaan Minyak Goreng, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Geringging Ajak Warga Buat Minyak Goreng Berbahan Buah Kelapa

Pariaman Kota, Pionir-- Sulitnya mendapatkan minyak goreng di pasaran sejak beberapa waktu lalu,  Bhabinkamtibmas Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Polsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Bripka Zulpahmi menginisiatif warga binaanya untuk membuat minyak goreng dengan menggunakan bahan dasar dari buah kelapa. 

Inisiatif  tersebut muncul karna kelangkaan minyak goreng di pasaran memicu gejolak di masyarakat. Mereka panik karena khawatir tidak bisa memasak karena ketersedian minyak goreng tidak ada dipasaran.

"Awalnya masyarakat tidak terlalu panik. Namun dari hari ke hari keberadaan minyak goreng semakin sulit di jumpai di pasar,warung dan bahkan di mini market. 

Melihat kondisi seperti itu, munculah ide untuk menyiasati membuat minyak goreng dari buah kelapa," ucapnya.

Saat di konfirmasikan ide baik ini ke Wali Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Alhamdulillah wali nagari pun sangat menyetujui ide tersebut. Endingnya pada hari itu juga wali nagari mengintruksikan kepada para wali korong serta ke para kader untuk mengejawantahkan ide tersebut ke masyarakat.

Akhirnya warga masyarakat di Kanagarian Batu Gadang Kuranji Hulu sudah bisa memproduksi  minyak goreng sendiri. "Hasil pengelolaan dari buah kelapa yang telah menjadi minyak goreng tersebut di bagikan kepada masyarakat setempat, dengan harapan bisa membantu meringankan beban masyarakat khususnya dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, ujarnya.


Sementara itu, Kapolsek Sungai Geringging Iptu Bambang Adrian. SH, mengapresiasi kreatifitas personilnya atas ide serta gagasan membuat minyak goreng dari buah kelapa tersebut, serta menjawab keluh kesah masyarakat selama ini atas kelangkaan ketersedian minyak goreng.

Menurutnya, ide tersebut sangat kita cemerlang mengingat kebutuhan minyak goreng selama bulan Ramadhan akan semakin meningkat. Sehingga apa yang telah dilakukan personilnya tersebut seakan telah menumbuhkan kembali apa yang pernah dilakukan masyarakat Kabupaten Pariaman secara turun temurun yakni membuat minyak buah kelapa tradisional.

Dalam kesempatannya itu, Bambang Adrian mengajak masyarakat agar tidak panik dengan kelangkaan dan melonjaknya harga minyak goreng yang ada di pasaran. Saat ini kita sudah bisa memproduksi minyak goreng sendiri, "minyak goreng produk anak nagari" tukasnya (ha)

Post a Comment

0 Comments