Bhabinkamtibmas Polsek IV Koto Amal Ingatkan Peternak Sapi Waspada Penyakit Mulut Dan Kuku

Bhabinkamtibmas Polsek IV Koto Amal Ingatkan Peternak Sapi Waspada Penyakit Mulut Dan Kuku

Pariaman Kota, Pionir--Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, Bhabinkamtibmas Polsek IV Koto Amal untuk Nagari  III Koto Aur Malintang Selatan M.joko Tranugroho melaksanakan giat Tiada Hari Tanpa Silaturahmi (THTS) dengan sistem Door To Door System ( DDS) dengan warga binaan di Korong Padang Maduang pada Selasa,17 mei 2022.

Dalam kesempatan tersebut M.joko Tranugroho mengatakan, "Kegiatan THTS/DDS ini merupakan kegiatan rutin, terkait dengan maraknya penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak sapi yang terjadi dibeberapa wilayah lain, kita laksanakan pengecekan, pendataan terhadap peternak diwilayah binaan sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, pesannya kepada Jumri salah seorang peternak sapi. " ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan, katanya.

Mendapat arahan dari Bhabinkamtibmas, warga menyambut baik dan berterimakasih atas informasi atas saran masukannya, karena warga juga merasa kawatir dengan adanya wabah PMK ini, warga berjanji tetap rutin membersihkan kandang serta memeriksakan kesehatan hewan ternak ke dokter hewan semoga tidak ada ternaknya yang terjangkit PMK.

Ditempat terpisah Kapolsek  IV Koto Aur Malintang, Ipda Idham Fadli, SH menyampaikan terimakasih kepada seluruh Bhabinkamtibmas yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tingkatkan patroli dialogis dengan warga binaan guna menjalin kemitraan, terkait dengan adanya wabah PMK sampaikan kepada peternak diwilayah untuk melakukan langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan, edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK, segera koordinasi dengan istansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya, jelas Kapolsek. (Wik)

Post a Comment

0 Comments