Bhabinkamtibmas Polsek IV Koto Amal Himbau Warga Waspada PMK pada Hewan Ternak

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek IV Koto Amal Himbau Warga Waspada PMK pada Hewan Ternak

Pariaman Kota, Pionir--Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, Bhabinkamtibmas Polsek IV Koto Amal untuk Nagari III Koto Aur Malintang Selatan, M. Joko Tranugroho melaksanakan kegiatan Tiada Hari Tanpa Silaturahmi (THTS) dengan cara Door to Door System (DDS) pada peternak sapi di wilayah binaannya, Jumat, 20  mei 2022.

Kegiatan THTS/DDS merupakan kegiatan rutin, terkait dengan maraknya penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak sapi yang terjadi dibeberapa wilayah lain.

"Kita laksanakan pengecekan, pendataan terhadap peternak diwilayah binaan sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, " pesan M. Joko Tranugroho kepada para peternak sapi.

Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan, tambahnya.

Para peternak menyambut baik sambang dialogis yang dilaksanakan BhabinkMtibmas, dan mengucapkan terimakasih atas informasi dan saran serta masukannya dari Bhabinkamtibmas.

Sementara itu Kapolsek  IV Koto Aur Malintang Ipda Idham Fadli, SH menyampaikan terimakasih kepada seluruh personil yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tingkatkan patroli dialogis dengan warga binaan guna menjalin kemitraan, terkait dengan adanya wabah PMK, sampaikan kepada peternak di masing-masing daerah binaan untuk melakukan langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan, edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK, segera koordinasi dengan istansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya, jelas Kapolsek. (Wik)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments