Dapatkan Data Akurat, Tim Puslitbang Polri Datangi Polres Pariaman

Dapatkan Data Akurat, Tim Puslitbang Polri Datangi Polres Pariaman

Pariaman Kota, Pionir—Senin siang 30 Mei 2022 itu Polres Pariaman Polda Sumatera Barat (Sumbar) di jalan Imam Bonjol No. 37 Kelurahan Alai Galombang Kecamatan Pariaman Tengah, kedatangan tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Puslitbang Polri) dalam rangka penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri T.A 2022.

Kalaulah hanya sekedar menerima laporan saja tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polres Pariaman, mustahil tim Puslitbang Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Nasrul Fahmi, SH, M.Si itu mau bersusah-susah menghabiskan waktu dan tenaga datang dari Jakarta ke Pariaman. 

Lantaran keberadaan Puslitbang Polri sebagai unsur pendukung di bidang penelitian pengkajian dan pengembangan pada tingkat Mabes Polri, tentu memiliki tugas pokok menyelenggarakan fungsi perencanaan dan penyusunan program penelitian, pengkajian, dan pengembangan, baik dibidang pembinaan maupun operasional kepolisian melalui kegiatan inovasi dan rekayasa, pengawasan uji terhadap materil, fasilitas, maupun jasa yang digunakan oleh satuan kerja kepolisian lainnya dalam organisasi, maka mendatangi secara langsung Polres Pariaman menjadi salah satu tugas pokok yang harus dilakukan.

Kedatangan Tim Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol Nasrul Fahmi dengan beranggotakan Kompol Meirina Mushiha, SE, SIK Penata TK I Zainal Fatoni SKM, MPH, Penata Budi Prayitno A.Md, didampingi Rorena Polda Sumbar AKP Rommy Kurnia Putra, S.Kom, Briptu Muhammad Fikri, SH disambut oleh Kapolres Pariaman AKBP Abd. Azis, S.IK, Wakapolres Pariaman Kompol Jon Hendri SH, dan PJU Polres Pariaman berserta peserta FGD di antaranya tokoh adat, tokoh agama, guru, pemuda, dan perangkat desa.

Kapolres Pariaman yang dihubungi Pionir, Selasa pagi 31 Mei 2022 mengatakan, kegiatan Puslitbang Polri bertujuan untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan informasi serta masukan dari publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri, khususnya pada fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Samapta untuk dijadikan rekomendasi kebijakan strategis bagi pimpinan Polri terhadap tata kelola dan kinerja di lingkungan Polres Pariaman dan jajaran. 

“Dengan adanya kegiatan penelitian dan supervisi dari Tim Puslitbang Polri terhadap Polres Pariaman, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat merasa puas atas pelayanan dan kinerja dari Polri khususnya Polres Pariaman,” ujar Abd. Aziz.

Dikatakan, penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data dari responden yang mengisi kuesioner secara online melalui link sesuai fungsi Kepolisian, pada masing-masing fungsi, dalam hal ini khusus untuk fungsi Reskrim adalah responden yang pernah berurusan dengan proses penyidikan.

Selanjutnya kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) baik kepada para responden maupun terhadap masing-masing fungsi Kepolisian, hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta pelaksanaan pelayanan, kemudian bisa memberikan timbal balik berupa masukan yang baik sebagai penunjang tugas Kepolisian dikemudian hari.

“Kinerja Polri hanya bisa dinilai keberhasilan dan kekurangannya, oleh masyarakat, baik dari  instansi pimpinan lembaga maupun masyarakat umum lainnya, Kita semua berharap semoga Polri semakin maju, profesional dan dicintai oleh masyarakat,” ujar abd. Aziz. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments