PMK Merebak, Kapolsek Lembah Melintang Lakukan Monitoring Hewan Ternak

PMK Merebak, Kapolsek Lembah Melintang Lakukan Monitoring Hewan Ternak 

Lembah Melintang, Pionir—Munculnya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak di sejumlah daerah membuat Dinas Peternakan bersama Polsek Lembah Melintang, Polres Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat (Sumbar), melakukan percepatan pemeriksaan kesehatan pada hewan ternak di belasan titik peternakan yang tersebar di wilayah hukum Polsek Lembah Melintang.

Kata Kapolsek Lembah Melintang Iptu Zulfikar, SH, MH yang dihubungi Pionir Minggu sore 15 Mei 2022, aksi ini akan terus dilakukan hingga semua peternakan atau lokasi penggemukan di wilayah hukum Polsek Lembah Melintang dicek secara keseluruhan.

"Pada Sabtu pagi 14 Mai 2022 kita telah melakukan kegiatan monitoring perkembangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di wilkum Polsek Lembah Melintang, tepatnya di Jorong Kuamang dan Jorong Koto Sawah Nagari Ujung Gading,” kata Zulfikar menjelaskan.

Kegiatan monitoring perkembangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak itu langsung dipimpin  Kapolsek Lembah Melintang Iptu Zulfikar, didampingi Kanit Intelkam Aiptu Elton Maya dan Bhabibkamtibmas Ujung Gading Aipda Riski Amelia.

Kata Iptu Zulfikar, pemerintah saat ini mewaspadai penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang belakangan tengah marak. Upaya pemeriksaan kesehatan hewan ternak ini digencarkan kata Zulfikar, adalah untuk mengantisipasi adanya penyebaran penyakit PMK di wilayah hukumnya.

Untuk itu dia mengimbau kepada peternak apabila ada ditemukan kelainan pada hewan ternaknya segera menghubungi Dinas peternakan atau pihak terkait.

Zulfikar mengatakan, Tim Satgas akan melakukan pendataan populasi hewan, pengawasan, dan pengecekan secara rutin. Selain itu dilakukan uji sampling di laboratorium jika diperlukan. Lantas, jika ditemukan hewan bergejala PMK, akan dilakukan penghentian dan pemulangan pendistribusian hewan ternak tersebut.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak panik dengan adanya wabah PMK, karena diketahui  PMK tidak menular kepada manusia dan daging hewan yang terjangkit. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments