Cegah Wabah Demam Berdarah, Polsek Lembah Melintang Lakukan Fogging

Cegah Wabah Demam Berdarah, Polsek Lembah Melintang Lakukan Fogging

Pasaman Barat, Pionir--Imbas maraknya wabah demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, direspon cepat oleh Kapolsek Lembah Melintang, Polres Pasaman Barat.

Seperti yang dilakukan Polsek Lembah Melintang melakukan aksi nyata menggelar kegiatan fogging di Jorong Kuamang dan Jorong Lombok, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, pada Selasa pagi (21/06/2022).

Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M melalui Kapolsek Lembah Melintang IPTU Zulfikar, S.H., M.H mengatakan, pengasapan (fogging) yang dilakukan di rumah-rumah warga di dua jorong tersebut, menggunakan alat fogging, melalui kolaborasi antara Polsek Lembah Melintang dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat serta didampingi juga oleh Kepala jorong setempat.

"Fogging ini sebagai bentuk kepedulian Polri dan aksi nyata terhadap masyarakat guna mengantisipasi maraknya wabah DBD," tutur Zulfikar.

Lebih lanjut, Kapolsek Lembah Melintang menambahkan, Kepolisian terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat untuk melakukan fogging diseluruh wilayah Kecamatan Lembah Melintang, diharapkan kegiatan pencegahan ini dapat mewujudkan Kecamatan Lembah Melintang bebas dari wabah DBD.

Selain fogging, ada beberapa cara untuk mengantisipasi wabah DBD, diantaranya melalui program 3M (Mengubur, Menguras, dan Menutup) barang bekas, serta membersihkan parit/selokan agar tidak berkembangnya jentik nyamuk Aedes Aegypti.

"Beberapa program antisipasi wabah DBD dan penyemprotan fogging ini akan terus kami lakukan, terutama di beberapa fasilitas umum dan pemukiman warga yang rawan akan wabah DBD," terang Zulfikar.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Nagari Ujung Gading Aipda Riski Amalia disela-sela kegiatan fogging mengatakan, bahwa akan terus memantau nagari binaannya agar wabah DBD tidak menyebar luas.

"Kami mengapresiasi kepada warga Jorong Kuamang dan Jorong Lombok yang telah mendukung program fogging yang digelar oleh Polsek Lembah Melintang bersama Dinas Kesehatan dalam upaya pencegahan wabah DBD," tutup pak Bhabin. (HumasResPasbar)

Post a Comment

0 Comments