Kapolres Solsel Apresiasi Tradisi Sedekah Bumi

Kapolres Solsel Apresiasi Tradisi Sedekah Bumi

Sangir, Pionir—Upacara Sedekah Bumi yang merupakan salah satu upacara adat berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam, yang dilaksanakan masyarakat di Jorong Bukit Malintang, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, pada Sabtu siang 18 Juni 2022 lalu sempat membuat Kapolres Solok Selatan (Solsel), Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Tedy Purnanto SIK terkesima

Ini disampaikan Kapolsek Sangir, Polres Solok Selatan Iptu John Hendriks, SH saat dihubungi Pionir, Senin siang 20 Juni 2022.

“Pada hari itu bapak Kapolres datang menyaksikan acara syukuran sekaligus upacara Sedekah Bumi di Jorong Bukit, Nagari Lubuk Gadang Selatan, bersama masyarakat Jawa. Dimana acara tersebut dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan untuk ucapan rasa syukur  atas hasil panen yang melimpah,” kata John Hendriks.

Selain disaksikan Kapolres Solok Selatan AKBP Teddy Purnanto, acara itu juga disaksikan  Kabag Ops Polres Solok Selatan AKP Dadang. SH, Anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan dari Partai PKS Solikhin, Wali Nagari Lubuk Gadang Ultra Dinata. A.Ma, para tokoh adat dan tokoh masyarakat Jawa, masyarakat Jawa dan sekitar dan lainnya.

“Saat itu bapak Kapolres tak lupa, memberikan apresiasi pada masyarakat Jawa yang ada di Solok Selatan, karena masih tetap melestarikan nilai-nilai luhur masa lalu walaupun harus berhadapan dengan maraknya arus modernisasi,” ujar John Hendriks.

Ia juga mengatakan saat itu Kapolres mengimbau agar tradisi Sedekah Bumi senantiasa dijaga, mengingat nilai sejarahnya yang tinggi dan merupakan kebudayaan murni dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

“Ini merupakan tradisi positif yang kental dengan pelestarian seni dan budaya. Tradisi-tradisi lokal seperti ini harus selalu dilestarikan. Melestarikan seni dan budaya merupakan tanggung jawab bersama. Dengan cara apa? Kita bisa lakukan melalui pemberian apresiasi terhadap tradisi Sedekah Bumi. Penting juga untuk memahami nilai dan makna dari tradisi Sedekah Bumi,” kata John Hendriks mengulang pesan Kapolres Solok Selatan.

John juga mengatakan bahwa upacara Sedekah Bumi itu juga diisi dengan kegiatan arak-arakan yang dikawal oleh Unit Patroli Polsek Sangir.

"Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu hari Sabtu 18 Juni 2022 dimeriahkan kesenian wayang yang dilaksanakan sampai malam hari dan untuk hari Minggu dilaksanakan kesenian Kuda Kepang, kegitannya juga sampai malam hari,” ungkap John Hendriks.(Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments