Polsek Sungai Limau Cek Kondisi Kandang Sapi Milik Warga

iklan adsense

Polsek Sungai Limau Cek Kondisi Kandang Sapi Milik Warga

Sungai Limau, Pionir--Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi, kerbau dan kambing, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) untuk Nagari Gasan Gadang, Bripka Syafri Nofiardi telah mendatangi warga yang memiliki hewan ternak sapi di daerah binaannya, Senin siang 13 Juni 2022, di Korong Koto Muaro.

Kata Kapolsek Sungai Limau Iptu Umar Yani, saat itu Bripka Syafri Nofiardi mengecek kondisi kandang sapi milik warga dan menyampaikan pesan-pesan terkait pencegahan terhadap adanya PMK yang menyerang hewan berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan lainnya.

Saat itu kata Umar Yani menambahkan, Bripka Syafri Nofiardi juga menerangkan pada masyarakat bahwa PMK ini tidak menyerang pada manusia, akan tetapi lebih baik kalau berhati-hati dan waspada apabila menyentuh hewan sapi yang terkena virus PMK, sebaiknya mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh hewan sapi atau hewan ternak lainnya, karena penyakit ini mudah menular.

“Bripka Syafri Nofiardi juga memberi tahu pada masyarakat bahwa gejala PMK pada sapi biasanya akan terlihat lebih jelas dibandingkan hewan lain, produksi air liurnya akan berlebih, kaki pincang, nafsu makan menurun, lepuh pada mulut dan teracak kaki, suhu tubuh sekitar 40-41 derajat Celcius dan lainnya,” ujar Umar Yani.

Dikatakannya, saat itu Syafri Nofiardi mengatakan bahwa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran PKM ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kesehatan yaitu dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang, menyemprotkan disinfektan sekitar kandang.

“Selain itu Bhabinkamtibmas kita ini juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik karena penyakit PMK tidak menular pada manusia, kalau ada hewan yang sakit agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, agar segera mendapatkan pengobatan dengan baik,” kata Umar Yani. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments