Kasat Binmas Polres Pariaman Lakukan Pembinaan Pramuka Saka Bhayangkara

Kasat Binmas Polres Pariaman Lakukan Pembinaan Pramuka Saka Bhayangkara

Pariaman Kota, Pionir—Seperti diketahui, Saka Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional dan membidangi bidang kebhayangkaraan. 

Saka Bhayangkara sendiri berada dibawah pembinaan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Oleh karena itu Kasat Binmas Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Haryani Bahri SH selaku Ketua Harian Saka Bhayangkara bersama personel secara rutin melaksanakan giat Pembinaan Pramuka Saka Bhayangkara kepada pelajar yang tergabung dalam Organisasi Pramuka Saka Bhayangkara Polres Pariaman.

Kata Haryani Bahri, pihaknya melaksanakan pembinaan secara terus menerus kepada anggota Pramuka Saka Bhayangkara untuk menciptakan generasi muda yang peduli Kamtibmas, generasi muda yang mengisi pembangunan dengan hal-hal yang positif dan mencegah kenakalan remaja.

Ia pun mencontohkan seperti kegiatan yang dilakukannya bersama KBO Sat. Binmas Iptu Budi Perwira bersama Kanit Binpolmas Bripka Rahmad Kosasih SH, pada Sabtu pagi 25 Juli 2022.

Saat itu, bertempat di halaman Polres Pariaman, Haryani Bahri bersama KBO Sat. Binmas dan Kanit Binpolmas melaksanakan giat upacara  pelatihan calon pramuka Saka Bhayangkara  tahun 2022.

"Kegiatan kita lanjutkan dengan pemberian materi Lalu Lintas, TPTKP, BPBD kepada peserta calon pramuka Saka Bhayangkara sebanyak 17 putra dan 23 putri,” ujar Haryani Bahri. 

Kemudian kata dia menambahkan, pada siang harinya, sekitar jam 12.30 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan dewan Saka Bhayangkara Polres Pariaman priode tahun 2022 – 2024, bertempat di Aula Polres setempat.

Belum berhenti sampai di situ, pada Sabtu malam, sekitar jam 22.00 WIB, bertempat di Korong Lansano, Nagari Sikucur, Kecamatan Kampung Dalam, Haryani Bahri menjadi Inspektur Upacara pada acara api unggun Kemah Bakti Saka Bhayangkara bagi calon pramuka Saka Bhayangkara Polres Pariaman tersebut.

Dikatakannya, kegiatan perkemahan Saka Bhayangkara merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh Sat Bimas Polres Pariaman dalam rangka pembinaan kepada pelajar, yang bertujuan agar terjalinnya silaturahmi antara pihak Kepolisian dengan peserta Pramuka.

Pada malam itu, sebelum dalakukannya upacara pembakaran api unggun didahului dengan lomba yellyell, oleh masing-masing peserta Saka Bhayangkara. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments