Pengobatan Gratis, Wujud Kepedulian Kapolres Pasbar Terhadap Kesehatan Mayarakat

Pengobatan Gratis, Wujud Kepedulian Kapolres Pasbar Terhadap Kesehatan Mayarakat 


Talamau, Pionir—Semenjak Polres Pasaman Barat (Pasbar), Polda Sumatera Barat (Sumbar) mencangkan program pengobatan gratis di 11 kecamatan di wilayah kabupaten itu pada pekan lalu, animo masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pengobatan secara gratis terus bertambah.

Melihat reaksi dan animo masyarakat yang begitu tinggi tersebut, Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K, mengaku bahagia dan terharu. Ia pun mengatakan bahwa  pengobatan gratis ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Pasaman Barat terhadap kesehatan masyarakat. 

Menurut M. Aries, pelayanan kesehatan gratis yang diberikan untuk masyarakat yaitu, pemeriksaan dan pengobatan untuk penyakit asam urat, kolestrol dan gula darah.

“Kita memberikan layanan untuk pemeriksaan kesehatan umum seperti, batuk, demam, hipertensi, sakit kepala dan gatal-gatal,” kata M. Aries yang dihubungi Pionir, Sabtu sore 30 Juli 2022.

Ia mengatakan, sampai hari ini kegiatan pengobatan gratis di 11 kematan yang ada di wilayah hukum Polres Pasaman Barat itu masih terus berlanjut.

Dari pantauan Pionir, pada hari Sabtu 30 Juli 2022 sekira jam 09.00 WIB, kegiatan pengobatan gratis itu dilangsungkan di Kampung Sawah Jorong Tanjung Beruang Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, yang masuk dalam wilayah hukum Polsek Talamau.

Kata Kapolsek Talamau AKP Junaidi, SH, pengobatan gratis yang dilaksanakan Polres Pasaman Barat melalui Poli Kes Polres setempat, yang dipimpin Kabag Sumda Polres Pasaman Barat Kompol Muzhendra,SH,MH tersebut dilaksanakan di Posyandu Cendrawasih IV Kampung Sawah Jorong Tanjung Beruang, Nagari Kajai.

Junaidi mengatakan, kegiatan pengobatan gratis tersebut disambut antusias oleh masyarakat Kecamatan Talamau. Sedikitnya tercatat sebanyak 62 orang yang melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan pada hari itu.

“Saat itu ada beberapa diantara masyarakat yang melakukan pengecekan kolestrol dan gula darah yang langsung dilayani oleh tim medis dari klinik Polres Pasaman Barat. Selain itu, juga ada masyarakat yang melaksanakan vaksinasi boster sebanyak tiga orang, vaksinasi tahap I satu orang dan vaksinasi tahap II satu orang,” ujar Junaidi.

Terpantau saat itu, selain memberikan pelayanan pengobatan secara gratis serta langsung diberikan obat sesuai dengan hasil diagnosa dokter, mereka juga mendapat bingkisan paket sembako yang disediakan oleh Polres Pasaman Barat. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments