Personel Polsek Ranah Batahan Ikuti Rapat Penurunan Angka Stunting

Personel Polsek Ranah Batahan Ikuti Rapat Penurunan Angka Stunting

Ranah Batahan, Pionir—Seperti diketahui, stunting merupakan suatu permasalahan serius dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.  Berdasarkan profil kesehatan Indonesia tahun 2020, persentase balita stunting di Indonesia mencapai angka 27,67 persen. 

Secara medis, stunting adalah suatu keadaan dimana anak mengalami kegagalan pertumbuhan akibat dari  kurangnya asupan gizi yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Oleh karena itu pemerintah Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat merasa perlu melakukan penurunan angka stunting di daerah tersebut.

Untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang anak, memperlambat perkembangan otak bahkan dapat menurunkan produktivitas anak saat ia dewasa dan menjadikan anak lebih rentan terkena penyakit kronis di masa dewasanya, Pemerintah Kecamatan Ranah Batahan melakukan rapat dalam upaya meningkatkan upaya derajat kesehatan dan pelayanan kesehatan dan  penurunan angka stunting serta sosialisasi program inovasi puskesmas, pada Kamis 28 Juli 2022, di Aula Puskemas Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan.

Rapat ini, ini selain diikuti seluruh Kepala Jorong beserta Staf Nagari juga diikuti Kapolsek Ranah Batahan, Polres Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu M.Mulyadi.S.Sos diwakili Bhabinkamtibmas Nagari  Batahan, Bripka Sulaiman.

Menurut Mulyadi, dalam rapat itu dibahas rencana aksi sebagai dasar atau acuan untuk melakukan upaya menekan angka stunting di daerah tersebu serta meningkatkan upaya derajat kesehatan.

Dalam rapat itu kata Mulyadi menambahkan, pemerintah kecamatan menjadikan percepatan penurunan stunting sebagai salah satu dari dari program prioritas. 

Dikatakan, dalam rapat itu juga dibahas persoalan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak yang perlu menjadi perhatian yang serius, karena faktor kesehatan ibu sebelum dan selama kehamilan amat menentukan kondisi bayinya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments