Kapolres Bukittinggi Turunkan Personel di Setiap Titik Simpul Jalan

Kapolres Bukittinggi Turunkan Personel di Setiap Titik Simpul Jalan

Bukittinggi, Pionir—Kendati Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, terjadi penurunan jumlah kendaraan bermotor dalam 3 tahun terakhir di Bukittinggi, dimana pada 2018 tercatat jumlah kendaraan di Bukittinggi sebanyak 41.023, pada tahun 2019 jumlah kendaraan berkurang, sehingga totalnya menjadi 38.912. Sementara 2020, jumlah kendaraan turun lagi menjadi  37.787.

Namun pada tahun 2021 jumlah kendaraan yang ada di Kota Bukittinggi naik menjadi 39 478, yang terdiri dari mobil penumpang sebanyak 1.995, bus sebanyak 9.595, truk 2.540 dan sepeda motor 25.388.

Fakta ini pun mengakibatkan kemacetan pada jam-jam sibuk tidak bisa dihindari. Peningkatan volume kendaraan di pagi hari pun kerab terjadi sebagai akibat dari aktivitas warga masyarakat baik yang berangkat ke kantor, ke sekolah ataupun kegiatan lainnya. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kata Kapolres Bukittinggi, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Wahyuni Sri Lestari, SIK pihaknya hadir di tengah-tengah masyarakat guna memberikan pelayanan terbaik pengaturan lalu lintas agar aktivitas masyarakat tersebut dapat berjalan lancar dan aman melalui kegiatan Commander Wisth (CW) rutin.

Dikatakannya, personil Polsek Kota Bukittinggi dan personel Polres Bukittinggi diturunkan tiap pagi guna memberikan pelayanan, agar aktivitas masyarakat ut dapat berjalan lancar dan aman melalui.

“Kita telah menempatkan anggota di setiap titik simpul jalan khususnya di lokasi yang memiliki kerawanan, sehingga peningkatan volume kendaraan sebagai akibat dari aktivitas masyarakat tidak sampai terjadi kemacetan dan kecelakaan,” kata AKBP Wahyuni Sri Lestari.

Dikatakannya, pngaturan lalu lintas pagi hari seperti ini merupakan salah satu bentuk pelayanan prima pihak Kepolisian kepada masyarakat, khususnya yang ada di wilayah hukum Polres Bukittinggi, sehingga diharapkan masyarakat dapat beraktivitas dengan aman, nyaman dan lancar.

Hal yang sama juga diakui Kapolsek Kota Bukittinggi Kompol Hj Rita Surianti. SH. Ia mengatakan tiap pagi menurunkan personel untuk melakukan kegiatan Commander Wisth. 

“Kegiatan Commander Wisth tersebut  menjadi tugas awal harian personel Polsek Kota Bukittinggi untuk mengawal keamanan komunitas pelajar setiap kali menjelang jam masuk sekolah, pegawai dan lainnya, terutama di sekolah atau kantor yang lokasinya bersisian dengan jalan raya padat arus lalu-lintas,” katanya. 

Rita Surianti mencontohkan kegiatan Commander Wisth yang dilaksanakan pada Rabu 3 Agustus 2022, yang di mulai jam 06,45, di Simpang Lambau, Simpang Mandiangin, Simpang Surau Gadang, Simpang Bukittinggi Minang Wisata (BMW) dan Simpang Garegeh.

Saat itu kata dia menambahkan, tidak hanya pengaturan arus lalu lintas yang dilaksanakan personel Polsek Kota Bukittinggi, keberadaan personil di simpul jalan serta depan sekolah juga untuk membantu warga dan pelajar yang hendak menyeberang jalan, sehingga tujuan keamanan dan keselamatan seluruh pengguna jalan baik pejalan kaki maupun pengendara kendaraan bermotor dapat tercapai. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments