Sat Samapta Polres Pasaman Barat, Gelar Patroli Dialogis Dalam Rangka Mewujudkan Situasi Kondusif

Sat Samapta Polres Pasaman Barat, Gelar Patroli Dialogis Dalam Rangka Mewujudkan Situasi Kondusif

Pasaman Barat, Pionir– Dalam rangka mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Sat Samapta Polres Pasaman Barat melaksanakan kegiatan patroli dialogis guna cipta kondisi, Rabu (03/08/2022).

Kegiatan patroli dialogis yang dilakukan berupa pengaturan arus lalulintas (Lalin), monitoring ke pasar tradisional dalam antsipasi 3C (Curat, Curas, Curanmor), patroli ke objek vital dan edukasi protokol kesehatan (prokes).

Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto, S.I.K., M.M melalui Kasat Samapta AKP Handi Satria, S.H menyampaikan bahwa kegiatan patroli dialogis ini bertujuan untuk cipta kondisi (Cipkon).

"Ada lima kegiatan cipkon yang dilaksanakan untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif. Mulai dari pengaturan arus Lalin, monitoring ke pasar tradisional dalam antsipasi 3C (Curat, Curas, Curanmor), edukasi prokes, serta patroli ke daerah perkantoran atau objek vital,” kata Handi Satria.

Dijelaskan, dalam rangka pengaturan lalin, personel Sat Samapta malaksanakan kegiatan tersebut di lokasi rawan tindak pidana seperti di terminal Simpang Empat, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman.

Selain itu, Personel Sat Samapta juga melaksanakan patroli ke daerah pusat keramaian atau objek vital seperti Bank dan pusat perbelanjaan atau swalayan yang ada di seputaran Simpang Empat.

“Personel Sat Samapta harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dengan memberikan pelayanan prima kepolisian, salah satunya dengan melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas, demi kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan serta meminimalisir terjadinya kecelakaan berlalu lintas,” terangnya.

Berikutnya, personel Sat Samapta melaksanakan edukasi prokes di lokasi-lokasi keramaian. Di masa Pandemi COVID-19 yang hingga kini belum berakhir, kepatuhan masyarakat akan prokes guna menekan laju penyebaran COVID-19.

“Petugas tak bosan-bosannya menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi prokes dengan menerapkan 5M, terutama selalu menggunakan masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan,” ujarnya.

Terakhir, Personel Sat Samapta melaksanakan kegiatan Prefentif Patroli pada waktu-waktu dan lokasi-lokasi tertentu yang dianggap rawan tindak pidana.

"Dengan patroli kewilayahan harapannya dapat memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat sehingga situasi wilayah hukum Polres Pasaman Barat tetap dalam keadaan aman kondusif,” pungkasnya.

Selama kegiatan patroli yang digelar pada pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 11.00 Wib tersebut situasi berjalan aman dan kondusif. (HumasResPasbar)

Post a Comment

0 Comments