Bhabinkamtibmas Polsek Linggo Sari Baganti dan Wali Nagari Inisiasi Problem Solving Masyarakatnya Berujung Perdamaian.

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Linggo Sari Baganti, Inisiasi Problem Solving Berujung Damai

Linggo Sari Baganti, Pionir-- Peran dan tugas seorang Bhabinkamtibmas tidak hanya sekedar menjaga keamanan didaerah binaannya, mengunjungi warga atau hanya memberikan sosialisasi semata, namun juga mendengarkan setiap keluh kesah yang terjadi di tengah masyarakat, serta mencarikan solusi yang terbaik untuk menyelesaikan setiap permasalahan tersebut.

Menyikapi hal itu, tentu dari hari ke hari tugas yang diemban seorang Bhabinkamtibmas semangkin komplit. Hal ini di akui Kapolsek Linggo Sari Baganti Iptu Hendra. SH, MH saat bincang-bincang dengan Pionor beberapa waktu lalu.

Iptu Hendra mengakui, memang tidak semua masalah dapat diatasi oleh BhabinKamtibmas, akan tetapi para bhabinkantibmas setidaknya harus mampu memfasilitasi permasalahan tersebut. Mereka harus mampu menjadi suluh bendang (penerangan), dan menjadai sitawa sidingin (penyejuk)  bagi warga binaannya, katanya 

Hal inilah yang dilakukan oleh Bripka Anton Gusliadi Bhabinkamtibmas Polsek Linggo Sari Baganti untuk Nagari Pasar Bukit Air Haji.

Saat itu Bripka Anton Gusliadi melakukan mediasi terhadap warga binaan yang diduga melakukan tindak pidana ringan, berawal dari pertengkaran mulut sampai terjadi pencemaran nama baik. Alhamdulillah setelah diberikan pencerahan dan nasehat kepada kedua pihak yang bertikai, akhirnya permasalahan mereka dapat diselesaikan secara kekeluargaan/berdamai.

Kemudian kata Iptu Hendra hasil perdamaian mereka itu di kuatkan dengan perdamaian secara administrasi dengan di tanda tangani oleh kedua belah pihak dan disaksikan oleh para niniak mamak.

"Mediasi ini dilaksanakan agar tidak terjadi lagi gejolak dimasyarakat guna terciptanya keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Linggo Sari Baganti," ujarnya

Lanjut  Iptu Hendra mengatakan hal ini adalah kebijakan dari Kapolri dalam konteks mewujudkan Polri Presisi, yang harus kami aplikasikan dalam tugas sehari-hari kepada masyarakat.

Kita berharap melalui kegiatan Problem Solving ini dapat  menumbuh kembangkan rasa “badunsanak antara kedua pihak yang bertikai. "Saling memahami atas kesalahan kita sendiri dan saling memaafkan serta menyelesaikan dengan secara terhormat, yaitu penyelesaian secara kekeluargaan, sesuai dengan moto Bhabinkamtibmas ”VIGILANT QUIESCANT” (Kami berjaga sepanjang waktu, agar masyarakat tenteram). (HumasResPessel)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments