Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Imbau Warga Berbelanja Sesuai Kebutuhan, Bukan karna Keinginan

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Imbau Warga Berbelanja Sesuai Kebutuhan, Bukan karna Keinginan

Kampung Dalam, Pionir-Bhabinkamtibmas Nagari Sikucur Induk, Polsek Kampung Dalam, Polres Pariaman Bripka Nur Afdal mengimbau masyarakat agar tidak berbelanja kebutuhan pokok secara berlebihan. Sebab, perilaku tersebut akan dapat mengakibatkan terjadinya kelangkaan barang yang pada akhirnya memicu kenaikan harga barang di pasaran. 

“Belanja lah sesuai dengan kebutuhan dan bukan karna kemauan,” kata Bripka Nur Afdal saat melakukan kegiatan sambang dengan warga binaannya di Pasar Basung Korong Bungo Tanjung, Kanagarian Sikucur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (30/12/22)

Kata Nur Afdal, selain menghindari perilaku konsumtif belanja yang tidak pada tempatnya, ia  juga meminta masyarakat agar tidak menimbun barang kebutuhan pokok serta menghilangkan kecemasan akan kurangnya ketersediaan bahan pangan dan lainnya.

"Perilaku yang berlomba-lomba belanja atau panic buying, lalu menimbun bahan pokok di rumah, itu akan memicu kenaikan harga, yang akan berimbas pada gangguan kamtibmas," ujarnya

Ia pun menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman berupaya menjamin ketersediaan pasokan bahan pangan dan juga keterjangkauan harga. Serta mencarikan solusi kongkrit jika terjadi kelangkaan dan kenaikan harga bahan pangan di pasaran, katanya.

Untuk itu, selaku Bhabinkamtibmas di Kanagarian Sikucur, ia mengimbau agar masyarakat berbelanja susuai kebutuhan saja, bukan karna ke inginan, ungkapnya

Dikatakannya, kendati sebagian orang, berbelanja merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa stres, atau menghilangkan rasa kecemasan atas kelangkaan kebutuhuan bahan pokok.

Namun kebiasaan berbelanja yang berlebihan tidak baik untuk keseharian. Apalagi jika barang yang kita  beli hanya untuk menuruti keinginan, bukan kebutuhan. Hal tersebut akan memicu untuk berperilaku boros, ucapnya.

"Dimasa sulit saat ini, kita berharap kepada warga agar melakukan penghematan," tuturnya

Lanjut Nur afdal mengatakan, kegiatan sambang ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, serta memberikan kenyamanan kepada warga masyarakat saat berada di pasar, selain itu juga sebagai wujud pelayanan prima Polsek Kampung Dalan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah binaan", ungkapnya (ha/ Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments