Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Rumbai Hadiri Serahterima Gedung Balerong Adat Nagari Koto Gadang

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Rumbai Hadiri Serahterima Gedung Balerong Adat Nagari Koto Gadang

Dharmasraya, Pionir - Komitmen Bupati Sutan Riska dalam melestarikan serta penguatan adat terus berlanjut. Selain revitalisasi rumah gadang, Pemkab Dharmasraya juga melaksanakan pembangunan “Balerong Adat”.

Diketahui balerong adat merupakan salah satu simbol orang minangkabau yang selalu ada untuk pertemuan dan bermusyawarah. Selain tempat musyawarah adat, balerong juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan pelatihan adat, pengajian adat, hingga penampilan kesenian adat.

Dengan telah selesainya pengerjaan pembangunan Gedung Balerong Adat Nagari Koto Gadang, maka pada Sabtu (3/12/22) kemarin gedung balerung tersebut telah diserahkan dari Walinagari Koto Gadang Irvan Budianto Datuk Rangkayo kepada Ketua Forkan H. Azali. SPd Datuk Sati, dan juga dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Rumbai Bripka Saparudin.

"Selain untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di nagari binaannya, mewakili Kapolsek Sungai Rumbai, dia menghadiri acara serah terima gedung balerung Nagari Koto Gadang tersebut", ungkap Bripka Saparudin.

Ditambahkannya, penguatan dan pelestarian budaya dan adat lokal perlu dilakukan agar tidak tergerus akibat adanya perkembangan zaman atau adanya infiltrasi budaya asing karena arus globalisasi.

“Oleh sebab itu, melalui pembangunan balerung ini adalah salah satu usaha agar budaya lokal tetap eksis di tengah masyarakat, untuk itu diharapkan kepada seluruh kelompok masyarakat dapat menjalankan perannya masing-masing dalam merawat budaya dilingkungannya,” harapnya.

Penyerahan balerung tersebut, akan dapat digunakan dan bermanfaat dalan kehidupan bermasyarakat dan bernagari dalam menjaga budaya dan adat lokal, pungkas Bripka Saparudin.(ha)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments