Kapolsek Linggo Sari Baganti Terlihat Sabak Melihat Warga yang Dipasung

iklan adsense

Kapolsek Linggo Sari Baganti Terlihat Sabak Melihat Warga yang Dipasung

Linggo Sari Baganti, Pionir—Hari Jum’at pagi 24 Februari 2023 itu wajah Kapolsek Linggo Sari Baganti, Polres Pesisir Selatan, Polda Sumatera Barat (Sumbar), Iptu Hendra, SH, MH, terlihat sabak manakala menyaksikan secara langsung salah seorang warga Cubadak Ampam Kampung Padang Kayu Dadih, Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan dalam keadaan dipasung, karena mengalami gangguan kejiwaan.

Kenyataan itu ditemui Iptu Hendra saat melakukan kegiatan Jum’at Berkah bersama Kanit Binmas Aiptu Syahrial dan Bhabinkamtibmas Bripda Refpandri Akbar saat menyerahkan bantuan sembako berupa 1 karung beras 10 kilogram dan 1 papan telur ayam untuk salah seorang warga bernama Mak Anyar (65 tahun).

Ternyata pria dalam pasungan yang diketahui bernama Muliadi yang akrab disapa Imul (35 tahun) itu adalah anak kandung dari Mak Anyar.

Kata Iptu Hendra, menurut pengakuan Mak Anyar, anaknya itu sudah dipasung dengan cara dirantai kaki kirinya sudah 10 tahun lebih.

“Menurut pengakuan Mak Anyar, ia terpaksa memasung buah hatinya itu karena sering mengamuk dan membuat masyarakat takut,” ujar Iptu Hendra.

Pada kesempatan itu Hendra menjelaskan kepada pihak keluarga kalau saat ini tidak boleh lagi dilakukan pemasungan terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) karena melanggar undang-undang. 

Selaku Kapolsek, Hendra juga menyampaikan pada pihak keluarga bahwa pemasungan bukanlah tindakan yang benar, justru akan memperburuk keadaan ODGJ itu sendiri. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments