Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Siap Memberikan Pendampingan dan Pengaman Pelaksanaan Imunisasi Polio

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Siap Memberikan Pendampingan dan Pengaman Pelaksanaan Imunisasi Polio

Kampung Dalam, Pionir--Virus polio dapat menular melalui kontak langsung dengan percikan air liur atau tinja penderitanya dan melalui konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi virus polio

Meski menular, infeksi virus polio dapat dicegah dengan vaksin polio. Melalui vaksinasi polio, seseorang akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang mampu melawan infeksi virus polio tersebut, serta mencegah penularannya kepada orang lain.

Berdasarkan risk assessment, Provinsi Sumatera Barat merupakan daerah beresiko tinggi terhadap penularan virus polio. Hal itu disebabkan karena adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) penyebaran virus Polio di Aceh. Karena Sumatera Barat, Provinsi yang berdekatan dengan Provinsi Aceh dianggap beresiko besar terjangkitnya virus polio tersebut, maka pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten se -Sumatera Barat menyikapi hal itu dengan melaksanakan Pekan Iminisasi Polio serentak  se -Sumbar.

Seperti yang di lakukan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui UPT. Pukemas Padang Alai yang di selengarakan di Los Pasar Padang Alai sejak tanggal 6 sampai 13 maret 2023 mendatang.

Kata Bripka Aljayosi selaku Bhabinkamtibmas di Kanagarian Gunuang Padang Alai, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Polres Pariaman Polda Sumatera Barat (Sumbar), vaksin polio ini merupakan salah satu vaksin yang wajib diberikan kepada bayi dan anak-anak. Pemberian vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit sekaligus penularan polio, yaitu penyakit saraf yang bisa menimbulkan kelumpuhan permanen, bahkan bisa berakibat pada kematian.

Aljayosi mengatakan, agar Kabupaten Padang Pariaman terbebas dari paparan virus Polio ini kita imbau kepada ibu-ibu yang mempunyai balita agar segera memabawa balitanya untuk mendapatkan imunisasi Polio di puskesmas, polides dan posyandu yang ada di daerah terdekat.

"Kita mendukung serta membantu program pemerintah, dalam hal ini untuk mencegah munculnya kasus Polio, karena imunisasi Polio ini adalah keberlangsungan hidup anak-anak kita, program ini harus kita dukung, bukan hanya dari stakeholder terkait, melainkan dari seluruh lapisan masyarakat," ujarnya

Agar proses tahapan imunisasi dapat berjalan secara aman dan nyaman, tanpa ada kendala, kegiatan Pekan Imuniasai Polio ini selaku Bhabinkamtibmas kita siap melakukan pendampingan sekaligus memberikan pengamanan, tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments