Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung Hadiri Musdes Kanagarian Silago

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung Hadiri Musdes Kanagarian Silago

Pulau Punjung, Pionir—Jumat 10 Maret 2023 itu Kanagarian Silago, Kecamatan Sembilan Koto, Kabupaten Dharmasraya mengadakan musyawarah membahas pelaksanaan kegiatan dana Desa/ Nagari (Musdes) yang di selengarakan di aula kantor Wali nagari tersebut.

Kegiatan Musdes itu, selain di ikuti Camat Sembilan Koto yang diwakili oleh Kasubag Keuangan Afdhal. SH Wali Nagari Silago Muhammad Ramli,  juga di ikuti Bhabinkantibmas Nagari Silago Aiptu Iswandi,

Sekretaris Nagari Silago EndriI Yadi, A. Md, Wali Nagari Silago Muhammad Ramli, Ketua Bamus Nagari Silago yang diwakili oleh Sekretaris Bamus Musrizal, Ketua LPM Nagari Silago Yasril Ka'at Dt. Bandaro Kayo, Kepala Jorong Se-kenagarian Silago, serta kaur, kasi dan staf kantor Wali Nagari Silago,

Kata Aiptu Iswandi pada Pionir Saptu siang, 11 Maret 2023 sesuai dengan UU Desa pasal 54, Musyawarah Desa (Musdes) ini wajib diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa untuk mendiskusikan dan memutuskan hal-hal strategis desa. Menurut Iswandi, ada hal strategis desa yang harus dibahas ketika muncul dan atau dibutuhkan desa, seperti pendirian/pembubaran BUMDesa, pengelolaan/pelepasan/pemberian aset desa, kerja sama antar desa dan pembahasan RPJMDesa. 

"Ada masalah strategis yang harus dibahas secara tahunan yaitu menetapkan prioritas belanja desa berdasarkan kebutuhan masyarakat dan pertanggung jawaban pelaksanaan pembangunan kegiatan tahun sebelumnya. Ya..., pembahasannya adalah melalui Musdes ini,” terang Iswandi.

Ditambahkan Iswandi, Musdes sangat penting dalam mewujudkan demokrasi berlandaskan musyawarah, dimana keputusan-keputusan penting menyangkut kehidupan warga desa tidak hanya diputuskan oleh pemerintah desa melainkan oleh seluruh komponen masyarakat. 

Pada kesempatan tersebut kata Iswandi menambahkan, ia juga mengingatkan para kepala desa atau kepala dusun agar dalam menggelola angaran pembanggunan yang berasal dari anggaran dana desa (ADD) benar-benar tepat sasaran dan jangan ada penyelewengan sekecil apapun. 

“Karna setiap kegiatan yang dilaksanakan akan kita awasi melalui Bhabinkamtibmas. Kami berharap jangan ada diantara kepala desa maupun kepala dusun nantinya yang terjerat hukum,” kata Iswandi mengingatkan. 

Iswandi  juga meminta kepada walinagari, walikorong beserta perangkatnya untuk sama-sama menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing, dalam rangka mewujudkan kondusifitas yang diharapkan. (Firman Sikumbang)



iklan adsense

Post a Comment

0 Comments