Bhabinkamtibmas Polsek VII Koto Sungai Sariak Sosialisasikan Larangan Penggunaan Obat Syrup untuk Anak

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek VII Koto Sungai Sariak Sosialisasikan Larangan Penggunaan Obat Syrup untuk Anak

Sungai Sariak, Pionir—Maraknya kasus gagal ginjal akut misterius yang diderita anak usia 0 hingga 5 di Indonesia belakangan, Plt Kapolsek VII Koto Sungai Sariak Iptu Fahnedi, SH atas perintah Kapolres Padang Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP M. Qori Oktohandoko, SH., SIK, MH bergerak cepat melakukan antisipasi

Kapolsek VII Koto Sungai Sariak Iptu Fahnedi pun memerintahkan para personelnya, terutama para Bahabinkamtibmas melakukan patroli dialogis di beberapa kantor pelayanan masyarakat, apotek, pusat  perbelanjaan dan sekolah di daerah binaannya masing-masing.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Nagari Koto Dalam, Aiptu Johan Budiman pada Sabtu siang 18 Maret 2023, pada beberapa titik di Nagari Koto Dalam.

Kata Plt Kapolsek VII Koto Sungai Sariak Iptu Fahnedi yang dihubungi Pionir, Selasa 21 Maret 2023, saat itu Aiptu Johan Budiman melakukan  sosialisasi  tentang larangan penggunaan beberapa obat syrup untuk anak kepada  masyarakat di daerah binaannya.

Dalam Kesempatan itu, Bhabinkamtibmas Aiptu Johan Budiman meminta masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah tentang obat berbentuk sirup untuk anak-anak. Dikatakannya, merujuk Surat Edaran Kemenkes Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada anak, yang di dalamnya terdapat poin tentang imbauan sementara untuk tidak menjual obat bebas dan atau bebas terbatas dalam bentuk sirup kepada masyarakat.

"Dalam SE Kemenkes, Ikatan Dokter Anak Indonesia sebelumnya telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat, agar masyarakat menghindari penggunaan obat sirup untuk anak-anak, karena mengandung dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG) yang diduga dapat mengakibatkan gagal ginjal akut bahkan kematian pada anak,” kata Aiptu Johan Budiman pada warga binaannya. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments