Bamus Memiliki Peran Strategis Dalam Pembangunan Nagari

iklan adsense

Bamus Memiliki Peran Strategis Dalam Pembangunan Nagari

Sungai Geringging, Pionir—Badan Musyawarah Nagari (Bamus) Kanagarian Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, baru saja melaksanakan rapat penyusunan panitia anggota Bamus tahun 2023 di Kantor Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Jumat 26  Mei  2023.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Sungai Geringging di wakili oleh Syofyan. S,Pd, walinagari dan seluruh wali korong se Kanagarian Sungai Sirah Kuranji Hulu.

Selain itu juga tampak hadir, Ketua LPM, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, anggota dan pengurus Bamus, serta para undangan lainya.

Kata Aipda Novri Andri, Bhabinkamtibmas di daerah tersebut, Bamus nagari memiliki beban tanggungjawab yang berat sesuai dengan fungsinya dalam penyelenggaraan pemerintahan di nagari.

"Bamus memiliki peran strategis dalam pembangunan nagari yang perlu mendapat perhatian," katanya 

Bamus nagari memiliki fungsi pengawasan terhadap jalannya pemerintahan nagari. Peran tersebut tentunya memiliki beban tanggungjawab yang berat karena salah satu kunci suksesnya pembangunan di nagari juga terletak pada tingkat pengawasan yang dilakukan oleh Bamus.

Dalam menjalankan fungsinya, ia menyarankan agar Bamus nagari dapat membangun koordinasi yang harmonis dengan pemerintahan nagari dengan tetap mengedepankan fungsi pengawasan. Sehingga, roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik, pembangunan dapat tepat sasaran, serta pemanfaatan dana nagari juga lebih optimal, efektif dan efisien untuk kepentingan masyarakat, ujarnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments